Perencanaan Distribusi RASTRA di wilayah Kota Bandung dengan menggunakan metode BAUMOL - WOLFE (studi kasus perum Bulog sub divisi regional I Bandung)

ENDANG HIDAYAT, 123010075 and Sutarman, DS and Yogi Yogaswara, DS (2016) Perencanaan Distribusi RASTRA di wilayah Kota Bandung dengan menggunakan metode BAUMOL - WOLFE (studi kasus perum Bulog sub divisi regional I Bandung). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I (ENDANG HIDAYAT) 123010075.pdf

Download (300kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Perum Bulog Sub Divisi Regional I Bandung merupakan perpanjangan tangan dari Perum Bulog di tingkat wilayah Kabupaten/Kota. Perum Bulog Sub Divisi Regional I Bandung bertugas untuk menyalurkan beras bersubsidi bagi kelompok masyarakat berpendapatan rendah yang diwujudkan dalam pelaksanaan program Beras untuk Rakyat Sejahtera (RASTRA). Perum Bulog Sub Divisi Regional I Bandung dalam memenuhi kebutuhan beras pada setiap kecamatan di wilayah kota Bandung, didukung oleh 3 fasilitas pergudangan yaitu Gudang Cisaranten Kidul, Gudang Utama dan Gudang Citeureup. Dimana Perum Bulog Sub Divisi Regional I Bandung masih mengalami kesulitan dalam menentukan gudang yang tepat sebagai sumber suplai untuk pengalokasian rastra ke setiap titik permintaan yang dituju dengan biaya pendistribusian yang minimum. Metode Baumol-Wolfe digunakan untuk menyelesaikan permasalahan pendistribusian beras di kota Bandung, dengan mempertimbangkan biaya pergudangan ke dalam penganalisaan permasalahan. Dengan menggunakan model liniear programming untuk optimasi jumlah alokasi kebutuhan ke setiap titik kecamatan dan diperoleh biaya transportasi yang minimum. Tujuan pemecahan masalah tugas akhir ini adalah merencanakan pengalokasian beras pada setiap kecamatan di wilayah kota Bandung sehingga diperoleh total ongkos transportasi dan total biaya distribusi yang minimum, serta dapat diperoleh suatu saluran distribusi untuk pengalokasian beras di wilayah Kota Bandung. Hasil pengolahan data diperoleh biaya distribusi beras yang dikeluarkan Perum BULOG Sub Divisi Regional I Bandung untuk memenuhi permintaan di kota Bandung adalah sebesar Rp.615.071.565,- dengan total alokasi sebanyak 11.205.900 kg per tahun, yang dialokasikan dari 3 gudang yaitu Gudang Cisaranten Kidul sebanyak 4.143.060 Kg untuk mensuplai 13 kecamatan, Gudang Utama sebanyak 2.667.240 Kg untuk mensuplai 8 kecamatan, dan Gudang Citeureup sebanyak 4.395.600 Kg untuk mensuplai 9 kecamatan di kota Bandung. Kata Kunci : Metode Baumol-Wolfe, Distribusi, Pemrograman Linier, Optimasi. ii

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2016
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 05 Sep 2016 15:13
Last Modified: 05 Sep 2016 15:13
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11433

Actions (login required)

View Item View Item