PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SEARCH, SOLVE, CREATE, AND SHARE (SSCS) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP

SITI ROMLAH, 125050108 (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SEARCH, SOLVE, CREATE, AND SHARE (SSCS) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (90kB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa masih rendah. Upaya untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa adalah dengan pemilihan dan pelaksanaan model pembelajaran yang tepat. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis adalah model pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS). Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui apakah peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) lebih baik daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran biasa. (2) untuk mengetahui sikap siswa terhadap model pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS). Penelitian ini dilakukan dalam bentuk metode kuasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Pasundan 6 Bandung tahun pelajaran 2015/2016 dengan pokok bahasan segiempat dan segitiga. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan skala sikap siswa. Berdasarkan analisis hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) lebih baik daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran biasa. (2) sikap siswa positif terhadap model pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS). Simpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran SSCS efektif diterapkan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII di SMP Pasundan 6 Bandung. Saran yang diberikan peneliti yaitu: (1) ketika pelaksanaan model pembelajaran SSCS perlu diperhatikan keaktifan siswa; dan (2) ketika akhir pembelajaran sebaiknya peneliti memeriksa tugas yang dikerjakan siswa secara berkelompok. Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Model Pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS).

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2016
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 05 Sep 2016 15:03
Last Modified: 05 Sep 2016 15:03
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11428

Actions (login required)

View Item View Item