SITI ROMLAH, 125050108 (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SEARCH, SOLVE, CREATE, AND SHARE (SSCS) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (57kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRACT.pdf Download (83kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (176kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (294kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (90kB) | Preview |
Abstract
Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa masih rendah. Upaya untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa adalah dengan pemilihan dan pelaksanaan model pembelajaran yang tepat. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis adalah model pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS). Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui apakah peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) lebih baik daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran biasa. (2) untuk mengetahui sikap siswa terhadap model pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS). Penelitian ini dilakukan dalam bentuk metode kuasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Pasundan 6 Bandung tahun pelajaran 2015/2016 dengan pokok bahasan segiempat dan segitiga. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan skala sikap siswa. Berdasarkan analisis hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) lebih baik daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran biasa. (2) sikap siswa positif terhadap model pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS). Simpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran SSCS efektif diterapkan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII di SMP Pasundan 6 Bandung. Saran yang diberikan peneliti yaitu: (1) ketika pelaksanaan model pembelajaran SSCS perlu diperhatikan keaktifan siswa; dan (2) ketika akhir pembelajaran sebaiknya peneliti memeriksa tugas yang dikerjakan siswa secara berkelompok. Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Model Pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS).
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2016 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 05 Sep 2016 15:03 |
Last Modified: | 05 Sep 2016 15:03 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11428 |
Actions (login required)
View Item |