PEMBELAJARAN MENGUNGKAPKAN HAL-HAL MENARIK DAN DAPAT DITELADANI DARI TOKOH BIOGRAFI DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK STUDENT LED REVIEW SESSION PADA SISWA KELAS XI SMA PASUNDAN 1 CIMAHI TAHUN PELAJARAN 2015/2016

RIA FITRI, 125030149 (2016) PEMBELAJARAN MENGUNGKAPKAN HAL-HAL MENARIK DAN DAPAT DITELADANI DARI TOKOH BIOGRAFI DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK STUDENT LED REVIEW SESSION PADA SISWA KELAS XI SMA PASUNDAN 1 CIMAHI TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER SKRIPSI.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (86kB) | Preview

Abstract

Mengungkapkan berarti menyatakan, menguraikan, menunjukkan, mem-buktikan sesuatu yang awalnya rahasia menjadi tidak rahasia kepada orang lain. Hal-hal menarik tentang tokoh biografi merupakan sesuatu hal yang sangat membuat seseorang tertarik tentang tokoh yang dibaca dalam sebuah teks biografi yang dibaca atau didengarkan sehingga membuat seseorang merasa lebih penasaran terhadap hal-hal yang manarik dalam tokoh tersebut. Teknik student led review session adalah teknik pembelajaran sebagaimana peran pengajar diberikan kepada peserta didik. Pengajar hanya bertindak sebagai narasumber dan fasilitator. Rumusan masalah yang penulis ajukan adalah (1) Mampukah penulis merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran mengungkapkan hal-hal menarik dan dapat diteladani dari tokoh biografi dengan menggunakan teknik student led review session pada siswa kelas XI SMA Pasundan 1 Cimahi?; (2) Mampukah siswa kelas XI SMA Pasundan 1 Cimahi melaksanakan pembelajaran mengungkapkan hal-hal menarik dan dapat diteladani dari tokoh biografi dengan tepat?; (3) Efektifkah teknik student led review session dalam pembelajaran mengungkapkan hal-hal menarik dan dapat diteladani dari tokoh biografi pada siswa kelas XI SMA Pasundan 1 Cimahi? Metode penelitian yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah metode penelitian one group pretest-posttest design, dengan teknik penelitian telaah pustaka, observasi, uji coba, dan tes. Adapun hasil penelitiannya sebagai berikut. Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran mengungkapkan hal-hal menarik dan dapat diteladani dari tokoh biografi dengan menggunakan teknik student led review session pada siswa kelas XI SMA Pasundan 1 Cimahi. Hasil rata-rata nilai perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran sebesar 3,69. Siswa kelas XI IPA SMA Pasundan 1 Cimahi mampu mengungkapkan hal-hal menarik dan dapat diteladani dari tokoh biografi. Hal ini dapat dibuktikan dari nilai rata-rata pretes sebesar 45,15 dan nilai rata-rata postes sebesar 77,40, selisih pretes dan postes yaitu sebesar 32,25. Teknik student led review session efektif digunakan dalam pembelajaran mengungkapkan hal-hal menarik dan dapat diteladani dari tokoh biografi. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan statistik menunjukkan t_hitung > t_tabel, yakni 13,84 > 2,06 dalam tingkat kepercayaan 95% dengan derajat kebebasan 26. Hal ini membuktikan bahwa teknik student led review session efektif digunakan dalam pembelajaran mengungkapkan hal-hal menarik dan dapat diteladani dari tokoh biografi. Berdasarkan fakta tersebut, penulis menyimpulkan bahwa semua hipotesis yang penulis rumuskan dalam penelitian ini dapat diterima. Kata kunci: Pembelajaran, mengungkapkan, hal-hal menarik, tokoh, biografi, student led review session

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 05 Sep 2016 14:40
Last Modified: 05 Sep 2016 14:40
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11411

Actions (login required)

View Item View Item