ULFA NUR HARYANTI, 125030128 (2016) PEMBELAJARAN MEMPRODUKSI TEKS EKSPLANASI KOMPLEKS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL LEARNING CYCLE PADA SISWA KELAS XI SMAN 1 SOREANG PADA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER DAN LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (40kB) | Preview |
|
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text
5. ABSTRACT.pdf Download (7kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (166kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (323kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (87kB) | Preview |
Abstract
Menulis merupakan salah satu aspek penting dalam proses komunikasi. Menulis dapat membuat seseorang lebih mengenali kemampuan dan pontensinya. Semua siswa tentu memiliki potensi menulis, termasuk memproduksi teks eksplanasi kompleks. Model Learning Cycle, merupakan salah satu media pembelajaran yang memberikan inspirasi dalam mengemukakan gagasan. Sehubungan dengan itu, penulis tertarik melakukan penelitian pembelajaran memproduksi teks eksplanasi kompleks dengan menggunakan model Learning Cycle pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Soreang. Rumusan masalah yang penulis ajukan adalah 1) Mampukah penulis merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran memproduksi teks eksplanasi kompleks dengan menggunakan model Learning Cycle pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Soreang? 2)Mampukah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Soreang memproduksi teks eksplanasi kompleks berdasarkan struktur teks, ciri kebahasaan, dan kaidah penulisan yang tepat? 3)Efektifkah model Learning Cycle digunakan dalam pembelajran memproduksi teks eksplanasi kompleks pada siswa kels XI SMA Negeri 1 Soreang. Hipotesis yang penulis rumuskan yaitu: 1) Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran memproduksi teks eksplanasi kompleks dengan menggunakan model Learning Cycle pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Soreang. 2)Siswa kelas XI SMA Negeri 1 Soreang mampu memproduksi teks eksplanasi kompleks berdasarkan struktur, ciri kebahasaan, dan kaidah penulisan yang tepat. 3)Media Learning Cycle efektif digunakan dalam pembelajaran memproduksi teks ekplanansi kompleks pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Soreang. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode eksperimen dengan teknik penelitian studi pustaka, observasi, uji coba, dan tes. Hasil penelitian yang penulis laksanakan dapat diuraikan sebagai berikut. 1) Penulis mampu merencanakan dan melaksanakan pembelajaran memproduksi teks eksplanasi kompleks dengan menggunakan model Learning Cycle pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Soreang. Hal ini terbukti dengan hasil penilaian perencanaan sebesar 3,8 dan pelaksanaan pembelajaran sebesar 3,8. Kemampuan penulis termasuk kategori sangat baik (A). 2) Siswa kelas XI SMA Negeri 1 Soreang mampu memproduksi teks eksplanasi kompleks dengan struktur teks, ciri kebahasaan, dan kaidah penulisan yang tepat. Hal ini terbukti dari hasil rata-rata pretes sebesar 33 dan nilai rata-rata postes 66. Peningkatannya 34,7. 3) Model Learning Cycle efektif digunakan dalam pembelajaran memproduksi teks eksplanasi kompleks. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan statistik dengan hasil 4,7 > 2,04 pada tingkat kepercayaan 95% dan db sbesar 30. Berdasarkan hasil penelitian yang telah penulis laksanakan, dapat disimpulkan bahwa hasil akhir dari hasil penelitian dapat diterima. Kata Kunci : Pembelajaran, menulis, memproduksi, teks eksplanasi kompleks, model, Learning Cycle
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2016 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 05 Sep 2016 14:35 |
Last Modified: | 05 Sep 2016 14:35 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11407 |
Actions (login required)
View Item |