MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL DEMONSTRASI DALAM PEMBELAJARAN IPS PADA MATERI PERJUANGAN MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN (Penelitian Tindakan Kelas Di Kelas V SDN Kopo Elok Kecamatan Babakan Ciparay Kota Bandung )

HIDAY, 125060235 (2016) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL DEMONSTRASI DALAM PEMBELAJARAN IPS PADA MATERI PERJUANGAN MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN (Penelitian Tindakan Kelas Di Kelas V SDN Kopo Elok Kecamatan Babakan Ciparay Kota Bandung ). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (501kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (9kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kajian dan pengamatan yang dilakukan di kelas V SDN Kopo Elok Kota Bandung yang menujukkan kurangnya hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran IPS. Salah satu penyebab kurangnya hasil belajar peserta didik yaitu penggunaan metode pembelajaran yan g kurang efektif. Metode yang digunakan guru yaitu metode ceramah, metode ini kurang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk terlibat langsung dalam proses pembelajaran karena peserta didik hanya menjadi pendengar setia ceramah yang disampaikan gu ru sehingga peserta didik menjadi pasif. Salah satu model pembelajaran yang dapat dijadikan alternatif untuk meningkatkan hasil belajar adalah model pembelajaran demonstrasi .Model pembelajaran demonstrasi merupakan metode mengajar dengan cara memperagaka n bara ng, kejadian, aturan dan urutan melakukan kegiatan, baik secara lan gsung maupun melalui penggunaan media pengajaran yang relevan dengan p okok bahasan atau materi yang sedang disajikan , inovasi pembelajaran yang dirancang untuk membantu peserta didik memahami teori secara mendalam melalui pengamalan belajar praktik - empirik. Model pembelajaran ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik mengenai perjuangan mempertahankan dalam pembelajaran IPS, selain itu penggunaan pembelajaran demonst rasi berdampak positif terhadap hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan model pembelajaran demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Dengan demikian kesimpulan dalam penelitian ini adalah peningkatan hasil b elajar peserta didik dari hasil pretes sampai pelaksanaan postes siklus I dari yang mencapai KKM 48,28% dan yang tidak mencapai KKM adalah 55,18 dan postes siklus II menunjukkan peningkatan yang baik, hasil pelaksanaan siklus II menunjukkan peserta didik yang mencapai KKM sebanyak 85,36%, hal tersebut melebihi target yang ditentukan penulis 85%. Selain itu aktivitas peserta didik dalam pembelajaran menjadi meningkat, hal tersebut terjadi karena siswa yang ikut berperan aktif dalam proses pembelajaran. Deng an demikian model pembelajaran demonstrasi selain dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran IPS. Kata Kunci: Demonstrasi , Hasil Belaja r.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 05 Sep 2016 14:36
Last Modified: 05 Sep 2016 14:36
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11405

Actions (login required)

View Item View Item