KELIMPAHAN DAN KEANEKARAGAMAN GASTROPODA DI ESTUARI CIPATIREMAN PANTAI SINDANGKERTA KECAMATAN CIPATUJAH KABUPATEN TASIKMALAYA

SRI WAHYUNI, 125040019 (2016) KELIMPAHAN DAN KEANEKARAGAMAN GASTROPODA DI ESTUARI CIPATIREMAN PANTAI SINDANGKERTA KECAMATAN CIPATUJAH KABUPATEN TASIKMALAYA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Abstrak.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (598kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Daftar Isi.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (151kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kelimpahan dan keanekaragaman Gastropoda di Estuari Cipatireman Pantai Sindangkerta Kecamatan Cipatujah Kabupaten Tasikmalaya. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April 2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan desain penelitian Belt Transek. Stasiun yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 6 stasiun, setiap stasiun terdiri atas 3 kuadrat. Identifikasi sampel dilakukan di Laboratorium Biologi FKIP Universitas Pasundan Bandung. Secara keseluruhan ditemukan delapan spesies gastropoda yaitu Clithon faba, Clithon flavovirens, Neritina auriculata, Fanuns ater, Cerithidea cingulata, Telescopium sp, Gibberula confuse, dan Littorina obtusata. Kelimpahan setiap spesies berkisar antara 1 - 282 ind/m2 , kelimpahan tertinggi dimiliki spesies Cerithidea cingulata yaitu 282 ind/m2 dan terendah dimiliki spesies Clithon faba, Neritina auriculata, dan Gibberula confuse yaitu 1 ind/m2 . Kelimpahan setiap stasiun berkisar antara 6-81 ind/m2 , stasiun yang memiliki kelimpahan tetinggi adalah stasiun VI yaitu 81 ind/m2 dan terendah adalah satsiun I yaitu 6 ind/m2 . Indeks keanekaragaman (H’) Gastropoda berkisar antara 0,09 - 0,58 dengan rata-rata 0,35, nilai indeks keanekaragaman Gastropoda menunjukan bahwa perairan Estuari Cipatireman memiliki keanekaragaman yang rendah, dengan indeks tolak ukur H’<1. Analisis data mengenai pengaruh faktor lingkungan terhadap kelimpahan dan keanekaragaman Gastropoda menggunakan aplikasi pengolahan data Statistical Product and Service Solution (SPSS) melalui perhitungan analisis regresi linear berganda. Kata kunci:Kelimpahan, keanekaragaman, Gastropoda, Estuari.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2016
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 05 Sep 2016 14:25
Last Modified: 05 Sep 2016 14:25
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11401

Actions (login required)

View Item View Item