PEMBELAJARAN MENYUNTING TEKS NEGOSIASI DENGAN MENGGUNAKAN METODE INQUIRY PADA SISWA KELAS X SMA BINA MUDA CICALENGKA TAHUN PELAJARAN 2015/2016

RIMBA RISA HELA, 125030046 (2016) PEMBELAJARAN MENYUNTING TEKS NEGOSIASI DENGAN MENGGUNAKAN METODE INQUIRY PADA SISWA KELAS X SMA BINA MUDA CICALENGKA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I Menyunting (kunfayakun) real.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II Menyuntig (lahaula).pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (293kB) | Preview

Abstract

Menulis merupakan proses penuangan suatu gagasan, ide dan pendapat secara tidak langsung. Semua siswa tentu memiliki potensi menulis, termasuk menulis ke-salahan dan memperbaiki kesalahan yang terdapat di dalam teks negosiasi. Metode inquiry adalah suatu metode yang menuntut siswa untuk aktif dalam proses pene-muan dan dalam memecahkan suatu permasalahan. Sehubungan dengan hal tersebut, penulis tertarik untuk melakukan penelitian mengenai pembelajaran menyunting teks negosiasi dengan menggunakan metode inquiry pada siswa kelas X SMA Bina Muda Cicalengka tahun pelajaran 2015/ 2016. Rumusan masalah yang penulis ajukan se-bagai berikut; (1) Mampukah penulis melaksanakan pembelajaran menyunting teks negosiasi pada siswa kelas X SMA Bina Muda Cicalengka dengan menggunakan metode inquiry?; (2) Mampukah siswa kelas X SMA Bina Muda Cicalengka me-nyunting teks negosiasi dengan menggunakan metode inquiry?; dan (3) Efektifkah metode inquiry digunakan dalam pembelajaran menyunting teks negosiasi pada siswa kelas X SMA Bina Muda Cicalengka? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan penulis, kemampuan siswa dan keefektifan metode inquiry dalam pembelajaran menyunting teks negosiasi dengan menggunakan metode inquiry pada siswa kelas X SMA Bina Muda Cica-lengka. Hipotesis yang penulis rumuskan yaitu (1) penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran menyunting teks negosiasi dengan menggu-nakan metode inquiry pada siswa kelas X SMA Bina Muda Cicalengka; (2) siswa ke-las X SMA Bina Muda Cicalengka mampu menyunting teks negosiasi dengan meng-gunakan metode inquiry; dan (3) metode inquiry efektif digunakan dalam pembe-lajaran menyunting teks negosiasi pada siswa kelas X SMA Bina Muda Cicalengka. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode eksperimen semu de-ngan teknik penelitian telaah pustaka, uji coba, tes, dan teknis analisis. Adapun hasil penelitiannya sebagai berikut. 1. Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran menyun-ting teks negosiasi dengan menggunakan metode inquiry pada siswa kelas X SMA Bina Muda Cicalengka. Hal ini terbukti dari hasil nilai perencanaan 3,9 dan pelak-sanaan sebesar 3,8; 2. Siswa kelas X SMA Bina Muda Cicalengka mampu menyunting teks negosiasi de-ngan menggunakan metode inquiry. Hal ini terbukti dari nilai rata-rata prates yaitu 0,97 dan nilai rata-rata pascates yaitu 3,22. Jadi, ada peningkatan sebesar 2,25; dan 3. Metode inquiry efektif digunakan dalam pembelajaran menyunting teks negosiasi pada siswa kelas kelas X SMA Bina Muda Cicalengka. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan statistik dengan hasil thitung 42,07 >ttabel 2,06 yakni pada tingkat kepercayaan 95%, dan d.b sebesar 24. Kata kunci : Pembelajaran menyunting, teks negosiasi, metode inquiry.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 05 Sep 2016 13:57
Last Modified: 05 Sep 2016 13:57
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11382

Actions (login required)

View Item View Item