PENGARUH BIAYA DANA BANK DAN PENYALURAN KREDIT TERHADAP RENTABILITAS BANK (ROA) (Studi Kasus pada PT BPR KERTAMULIA BANDUNG Untuk periode 2009 - 2014)

Maria Kristin Stevani P, 114020493 (2016) PENGARUH BIAYA DANA BANK DAN PENYALURAN KREDIT TERHADAP RENTABILITAS BANK (ROA) (Studi Kasus pada PT BPR KERTAMULIA BANDUNG Untuk periode 2009 - 2014). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Ekonomi Unpas Bandung.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAN.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (301kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui beberapa faktor yang mempengaruhi Rentabilitas bank khususnya Bank Perkreditan Rakyat Kertamulya. Faktor-faktor tersebut yaitu biaya dana dan penyaluran kredit. Penelitian dilakukan dengan objek penelitian PT. Bank Perkreditan Rakyat Kertamulya dalam periode tahun 2009 – 2014 dengan menggunakan variabel ROA (Return On Asset) mewakili rentabilitas, CoF (Cost of Fund) mewakili biaya dana dan Loan to Deposit Ratio mewakili penyaluran kredit. Sampel penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah sampel yang diteliti sebanyak 24 data. Tehnik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda dengan persamaan kuadrat terkecil dan uji hipotesis menggunakan t-statistik untuk menguji koefisien regresi parsial serta F-statistik untuk menguji pengaruh secara bersama-sama dengan tingkat signifikansi 5%. Selain itu juga dilakukan uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas dan uji autokorelasi. Selama periode pengamatan menunjukkan bahwa data penelitian berdistribusi normal. Berdasarkan uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas dan uji autokorelasi tidak ditemukan variabel yang menyimpang dari asumsi klasik. Hal ini menunjukkan data yang tersedia telah memenuhi syarat menggunakan model persamaan linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel biaya dana memiliki pengaruh negatif signifikan terhadap ROA. variabel penyaluran kredit memiliki pengaruh positif signifikan terhadap ROA. Kemampuan prediksi kedua variabel tersebut terhadap ROA dalam penelitian ini sebesar 39,6%, sedangkan sisanya 60,4% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukan ke dalam model penelitian. Kata Kunci : Biaya Dana, Penyaluran Kredit dan ROA

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi 2011
Depositing User: nining widianingsih
Date Deposited: 05 Sep 2016 13:49
Last Modified: 05 Sep 2016 13:49
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11381

Actions (login required)

View Item View Item