PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MEANS - ENDS ANALYSIS (MEA) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMP UAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK SISWA SM P

INTAN PUTRI PRATIWI, 125050075 (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MEANS - ENDS ANALYSIS (MEA) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMP UAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK SISWA SM P. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Inggrs.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II .pdf

Download (702kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (96kB) | Preview

Abstract

Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan disebutkan bahwa kemampuan pemecahan masalah marupakan fokus dari pembelajaran. Akan tetapi pada kenyataanya masih kita jumpai siswa yang kemampuan pemecahan masalah matematikanya rendah, hal ini boleh jadi ada kaitannya dengan model pembelajaran yang digunakan oleh guru. Salah satu alternatif model pembelajar an yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa adalah model pembelajaran Means - Ends Analysis. Berdasarkan metodenya penelitian ini adalah penelitian kuasi ekperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP. Adapun sampel dala m penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 52 Bandung yang dipilih secara acak menurut kelas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan skala sikap. Tes yang digunakan adalah tes tipe uraian soal - soal kemampuan pemecahan masalah. Sedangkan skala sikap menggunakan model Skala Likert yang berisikan pernyataan - pernyataan siswa mengenai pelajaran matematikadengan menggunakan model pembelajaran Means - Ends Analysis dan soal - soal kemampuan pemecahan masalah matematika. Tes diujicobakan t erlebih dahulu. Dari hasil uji coba tersebut diperoleh hasil validitas sedang dan tinggi, reliabilitas yang berkategorikan tinggi, indeks kesukaran yang mudah, sedang dan sukar, serta daya pembeda yang cukup dan baik. Berdasarkan hasil ujicoba tersebut, se mua soal dipakai untuk penelitian. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji - t melalui program SPSS 23.0 for Windows yaitu dengan menggunakan Independent Sample t - Test. Berdasarkan analisis data dan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa: kemamp uan pemecahan masalah matematik siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model Means Ends - Analysis lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran matematika dengan pembelajaran konvensional; sikap siswa terhadap pelajaran matematika, pembelajaran matematika dengan model Means - Ends Analysis, dan soal - soal pemecahan masalah matematika pada umumnya positif; tedapat korelasi positif sikap siswa dengan kemampuan pemecahan masalah matematika. Kata Kunci: Pemecahan Masalah, Means - Ends Analysis.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2016
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 05 Sep 2016 14:22
Last Modified: 05 Sep 2016 14:22
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11375

Actions (login required)

View Item View Item