PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DIPADU STRATEGI PQ4R U NTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISW A PADA KONSEP SISTEM REPRODUKSI DI SMAN 22 BANDUNG

DWI LESTARI, 125040126 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DIPADU STRATEGI PQ4R U NTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISW A PADA KONSEP SISTEM REPRODUKSI DI SMAN 22 BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRAK.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRACT.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (758kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (154kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan latar belakan g rendahnya hasil belajar siswa pada konsep sistem reproduksi di kelas XI IPA SMAN 22 Bandung. Hal ini dikarenakan kurang tepatnya model pembelajaran yang diterapkan oleh guru pada saat pembelajaran , sehing ga 50% lebih siswa mendapatkan nilai di bawah KKM 78 setiap tahunnya. Untuk mengatasi masalah tersebut maka diperlukan suatu upaya dalam memperbaiki hasil belajar siswa, sehingga tujuan dari penelitian ini yaitu untuk memberikan informasi tentang penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dipadu strategi PQ4R dalam meningkatkan hasil belajar siswa . Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Quasi eksperimen dengan desain penelitian Pre - eksperimental One Group Pretest Posttest design. Hasil penelitian yang didapat kan menunjukan bahwa perolehan nilai rata - rata Pretest siswa sebesar 37,33 dan perolehan Posttest sebesar 82. Hasil pretest dan posttest selanjutnya diuji statistik menggunakan perhitungan gain normalisasi dan memperoleh nilai Indeks Gain 0,71 dengan kriteria tinggi. Selain data pretest dan posttest, pada penelitian ini didukung dengan perolehan data angket respon siswa sebesar 4,03 yang menunjukan respon positif dari siswa terhadap model pembelajaran yang diterapkan. Disamping itu juga, l embar observasi aktivitas siswa, dokumen rencana pelaksanaan pembelajaran dan lembar observasi pelaksanaan pembelajaran guru terhadap model pembelajaran Problem Based Learning dipadu strategi PQ4R termasuk ke dalam kategori sangat baik di dalam pelaksanaannya . Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dipadu strategi PQ4R mampu untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep sistem reproduksi. Kata Kunci: Model Problem Based Learning , Stra tegi PQ4R, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2016
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 05 Sep 2016 13:34
Last Modified: 05 Sep 2016 13:34
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11372

Actions (login required)

View Item View Item