PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING (TAPPS) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP

YULISA DWI SETIANI, 125050089 (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING (TAPPS) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRACT.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (98kB) | Preview

Abstract

Keberhasilan suatu pendidikan dapat terlihat dari kemampuan komunikasi matematis yang diperoleh siswa , dan dapat terlihat dari perubahan sikap yang diperoleh setelah proses belajar mengajar. Salah satu upaya yang dapat dilakukan oleh guru dalam mengembangkan kemampuan komunikasi matematis siswa adalah dengan memilih model pembelajaran yang sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Salah satu model pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan komunikasi matematis siswa adalah model pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS). Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mengetahui pengaruh kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan menggunakan model Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional, 2) mengetahui sikap siswa terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan model Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS). Metode penelitian ini adalah eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Pasundan 3 Bandung dan sampelnya adalah siswa kelas VIII yang dipilih sebanyak dua kelas secara acak. Instrumen yang digunakan adalah tes dan skala sikap. Dari analisis data hasil penelitian, diperoleh kesimpulan : 1) kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional, 2) secara keseluruhan model pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) mendapatkan sikap positif dari siswa. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah bahwa pembelajaran matematika pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar dengan menggunakan model pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa SMP. Kata Kunci: Kemampuan Komunikasi Matematis, Model Pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS).

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2016
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 05 Sep 2016 13:27
Last Modified: 05 Sep 2016 13:27
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11365

Actions (login required)

View Item View Item