PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

FENNY FUWIRAWANI, 125020055 (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK ok print.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 ACC.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II ACC.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA print.pdf

Download (86kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA” (Studi Kasus Pada Mata Pelajaran Ekonomi Dikelas XI IPS SMA BINA DHARMA 2 Bandung), Dilatar belakangi oleh Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi yang didukung dengan masih rendahnya nilai rat-rata dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Bertujuan untuk mengungkap tentang adanya perbedaan peningkatan hasil belajar siswa sebelum diberikan perlakuan dan sesudah diberikan perlakuan pada mata pelajaran ekonomi dengan menggunakan teknik pembelajaran Group Investigation (GI), Situs penelitian di Sma Bina Dharma 2 Bandung pada kelas eksperimen (XI IPS 1) dan metode pembelajaran konvensional (ceramah) pada kelas kontrol (XI IPS 2). Metode penelitian yang dipergunakan adalah bentuk desain quasi eksperimen yang dipilih adalah nonequivalent control group design. Data hasil belajar siswa diperoleh dari hasil postest yang berbentuk essay. Hipotesis penelitian berbunyi terdapat pengaruh yang positif dari penerapan model pembelajaran cooperative tipe Group Investigation (GI) terhadap hasil belajar siswa. Teknik pengolahan /analisis data menggunakan tes, telaah putaka, obsevasi. Hasil penelitian ini menunjukkan perbedaan hasil belajar sebesar 84,69 untuk kelas eksperimen. Hal ini dibuktikan dengan nilai hasil uji beda (t), dari perhitungan diatas didapatkan thitung = 87,88 sedangkan ttabel = 2,75. Sehingga pada rumus hipotesis thitung > ttabel sehingga Ho ditolak H1 diterima. Teknik pengolahan /analisis data dibuktikan dengan nilai hasil uji beda (t). Dapat dilihat dari selisih hasil pre test dan post test, untuk kelas eksperimen yaitu 63,59– 84,69= 21,10% . Kesimpulan Hipotesis yang dirumuskan bahwa “model pembelajaran Cooperative tipe Group Investigation (GI) berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa” dapat diterima, hal tersebut dibuktikan oleh uji normalitas, homogenitas, dan uji t. Pengaruh diterapkannya model pembelajaran Cooperative tipe Group Investigation (GI) ini adalah pengaruh positif. Sebagai akhir penelitian penulis menyampaikan saran kepada siswa agar lebih semangat dan giat lagi dalam belajar, guru hendaknya menerapkan model pembelajaran sehingga siswa yang bersangkutan mencapai hasil yang optimal, bagi pihak sekolah hendaknya menerapakan model pembelajaran cooperative learning tipe group investigation (GI), serta sebagai bahan pertimbangan untuk penelitian selanjutnya, karena fokus penelitian ini hanya pada materi pasar modal saja. Kata Kunci : Teknik Pembelajaran tipe Group Investigation (GI)),Hasil Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2016
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 05 Sep 2016 13:41
Last Modified: 05 Sep 2016 13:41
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11359

Actions (login required)

View Item View Item