PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN SEKELIMUS

ANDES, 125060002 (2016) PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN SEKELIMUS. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA SUNDA.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (506kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA INSYAALLAH.pdf

Download (167kB) | Preview

Abstract

Penelitianinidilaksanakan di SDN Sekelimus Kecamatan Bandung Kidul K ota Bandung dengansubjek penelitian siswakelas IV denganjumlah 2 5 orang .P enelitianinididasariolehkondisipembelajaran IPS yang kurangefektifdanbermakna. Berdasarkanobservasiawal yang dilakukansebelumnyabahwa proses pembelajaran IPS yang terjadi di kelastidakbanyakmelibatkansiswa dalam pembelajaran sehingga siswa kurang termotivasi dalam mengikuti pembelajaran, serta guru masih yang masih menggunakan model pembelajaran yang konvensional sehingga hasil belajar tidak sesuai dengan yang diharapkan. Faktor lain yang runtutmenyumbangko ndisiiniadalahkemampuanprofesionalguru yangmasihkurang, sehing gahasilbelajar IPS materi masalah - masalah sosial masihrendah. Desainpenelitianinimenggunakan model PenelitianTindakanKelas (PTK) yang terdiridari 2 siklusde nganketentuansatusiklusada 2 kali pertem uan.Setiapsiklusnyameliputitahapperencanaan, pelaksanaantindakan, observasidanrefleksi.Hasilpenelitianmenunjukanbahwaadanyapeningkatan yang berarti proses pelaksanaanpembelajaran CTL, maupunhasilbelajarsiswa. Kesimpulan yang dapatdiambildaripenelitianiniad alahpenggunaan model CTL di kelas IV pa dapelajaran IPS di SDN Sekelimus terbuktiefektifdalammeningkatkanmotivasidanhasilbelajarsiswadandapa tmenanamkansikapkerjasamadalam proses pembelajaran. Sedangkanhasilbelajarsi swapadasiklus I rata - rata 70,2 denganpresent ase yang mencapai KKM 44 %, danpadasiklus II nila i rata - rata 87,4 denganp resentase yang mencapai KKM 92 %. Serta hasilresponsiswaterhadap proses tindakanpembelajaran CTL “HampirSeluruhnya” setujumeresponterhadapindikatorpembelajaran CTL. Hal tersebutmembuktik anbahwapenerapan model Contextual Teaching Learning dapatmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarsiswa

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 05 Sep 2016 13:41
Last Modified: 05 Sep 2016 13:41
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11353

Actions (login required)

View Item View Item