MENINGKATKAN KEAKTIFAN PESERTA DIDIK DALAM PROSES PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH (MEMBUAT PASANGAN)

FENI NORMAWATI, 125060004 (2016) MENINGKATKAN KEAKTIFAN PESERTA DIDIK DALAM PROSES PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH (MEMBUAT PASANGAN). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER FENI.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II .pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA FENI PDF-1.pdf

Download (88kB) | Preview

Abstract

Keaktifan merupakan kegiatan interaksi antara guru dengan murid untuk mencapai tujuan yang diinginkan dalam pembelajaran tersebut,keaktifan disini bahwa pembelajaran yang dilaksanakan dalam pembelajaran tersebut adalah mengarahkan peserta didik kepada pencapaian suatu kompetensi. Adapun permasalahan dengan keadaan siswa yang kurang menunjukkan keaktifan di dalam proses pembelajaran dan hasil belajar yang masih banyak di bawah KKM karena guru sering menggunakan metode ceramah yang cenderung monoton dan belum menggunakan model make a match (membuat pasangan). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran make a match (membuat pasangan) pada pembelajaran IPS pokok bahasan koperasi. Model make a match (membuat pasangan) dapat dijadikan salah satu cara untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis dan refleksi pada pelaksanaan pembelajaran IPS untuk memperbaiki dan meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan dengan rumusan masalah dan identifikasi bahwa setiap pembelajaran tidak dituntut untuk memiliki kemampuan kognitif saja akan tetapi afektif dan psikomornya juga harus dimiliki. Untuk itu dalam penelitian ini peneliti bermaksud ingin meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa menggunakan model make a match (membuat pasangan). Berdasarkan pembahasan ditarik kesimpulan bahwa hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dari penilaian keaktifan dan hasil tes belajar. Data awal menunjukan peserta didik yang aktif dalam pembelajaran hanya 9 peserta didik (36%) dari 28 peserta didik. Pada siklus I peserta didik yang terlibat aktif dalam pembelajaran berjumlah 22 orang dengan persentase ketuntasan 79% dan pada siklus II berjumlah 25 orang dengan persentase ketuntasan 90%. Berdasarkan hasil belajar (LKS) pada siklus I telah menunjukan peningkatan. Peserta didik yang mencapai KKM sebanyak 16 orang dari 28 siswa jika dipresentasekan yaitu 57%, Pada siklus II hasil belajar peserta didik yang mencapai KKM sebanyak 25 orang dari 28 siswa jika dipresentasekan yaitu 90%. Kata kunci: make a match (membuat pasangan), keaktifan.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 05 Sep 2016 13:40
Last Modified: 05 Sep 2016 13:40
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11297

Actions (login required)

View Item View Item