EFEKTIVITAS PENERAPAN PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI SAMPAH (LIMBAH) ( Studi kasus pada siswa kelas X SMK Negeri 15 Bandung )

ENDAH TITA LESTARI, 125040148 (2016) EFEKTIVITAS PENERAPAN PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI SAMPAH (LIMBAH) ( Studi kasus pada siswa kelas X SMK Negeri 15 Bandung ). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER skripsi TITA.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK1.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (356kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (99kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan efektifitas dan mengetahui seberapa besar pengaruh penerapan pendekatan Jelajah Alam Sekitar terhadap pemahaman siswa pada materi sampah (limbah). Penelitian ini menggunakan metode true eksperimen dengan desain Posttest Only Control group. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negri 15 Bandung, sampel yang digunakan adalah kelas X AP 4 dan X PS 4 dengan jumlah masing-masing 32 orang siswa. Instrument penelitian digunakan adalah tes kemampuan yang mengukur ranah kognitif berupa 30 soal pilihan ganda. Dari hasil penelitian didapatkan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 80,47 sedangkan kelas kontrol sebesar 68,28. Setelah dilakukan penelitian, peneliti melanjutkan dengan uji-t dan diperoleh dengan hasil uji-t signifikasi 0,000 < α (0,05), maka terima H1 yang artinya terdapat perbedaan hasil belajar serta pemahaman siswa. Selain ranah kognitif diukur juga ranah afektif dan psikomotor. Ranah afektif yaitu penilaian minat siswa terhadap mata pelajaran PLH diperoleh nilai rata-rata 92,43% dengan kriteria sangat baik serta ranah psikomotor sebesar 8,53 % dengan kriteria baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model Jelajah Alam Sekitar efektif diterapkan pada pembelajaran pada materi sampah (limbah). Kata Kunci : Jelajah Alam Sekitar, Efektif, Pemahaman siswa

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 05 Sep 2016 13:12
Last Modified: 05 Sep 2016 13:12
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11253

Actions (login required)

View Item View Item