MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS I SDN ASMI KOTA BANDUNG PADA SUBTEMA BENCANA ALAM DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNIN

DIA ARTARINA, 125060080 (2016) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS I SDN ASMI KOTA BANDUNG PADA SUBTEMA BENCANA ALAM DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNIN. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK B.INDONESIA.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK B.INGGRIS.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (516kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (163kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi yang dilakukan di SDN Asmi Kota Bandung yang menunjukan rendahnya hasil belajar dan kerja sama siswa yang disebabkan guru belum menerapkan model pembelajaran yang tepat saat menyampaikan materi pada subtema bencana ala m. Berdasarkan latarbelakang tersebut peneliti melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan , dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Dalam tiap siklusnya d ilaksanakan kegiatan pembelajaran sebanyak 3 kali pertemuan dengan menerapkan model discovery learning yang terdiri dari enam tahapan, yaitu tahap stimulasi/pemberian rangsangan, pernyataan/identifikasi masalah, pengumpulan data, pengelolaan data, pembukti an, dan menarik kesimpulan/generalisasi. Penilaian dalam penelitian ini meliputi ranah kognitif, afektif, dan psikomotor. Dari hasil penelitian, pelaksanaan pembelajaran siklus I mendapatkan hasil 75% dan pada siklus II 91%. Sikap kerja sama siswa meningk at dari setiap siklusnya. Pada siklus I sebanyak 29% dan pada siklus II menjadi 94%. Kemudian hasil belajar siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) 66% (siklus I) dan 85% (siklus II). Salah satu hambatan dalam pelaksanaan pembelajaran dengan model discovery learning yaitu menyita banyak waktu sehingga peneliti harus berupaya mengemas materi dengan sederhana sehingga siswa akan lebih memahami materi pada subtema bencana alam. Saat peneliti mampu mengatasi hambatan dalam pelaksanaan pembelajaran dengan model discovery learning kerja sama dan hasil belajar siswa pada subtema bencana alam di kelas I SDN Asmi Kota Bandung akan meningkat. Kata kunci : discovery learning , kerja sama, hasil belajar, hambatan, upaya

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 05 Sep 2016 13:39
Last Modified: 05 Sep 2016 13:39
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11250

Actions (login required)

View Item View Item