PEMBELAJARAN MENGONVERSI TEKS NEGOSIASI KE DALAM TEKS SURAT PERMINTAAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE THINK-TALK-WRITE PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 9 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016

NURUL ULUM, 125030094 (2016) PEMBELAJARAN MENGONVERSI TEKS NEGOSIASI KE DALAM TEKS SURAT PERMINTAAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE THINK-TALK-WRITE PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 9 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
SKRIPSI NURUL ULUM 125030094 PDF.pdf

Download (5MB)

Abstract

Mengonversi merupakan kegiatan mengubah bentuk dari bentuk satu ke dalam bentuk yang lain. Semua siswa pasti memiliki potensi menulis yakni mengonversi teks negosiasi ke dalam surat permintaan. Berkaitan dengan penjelasan di atas, penulis tertarik melakukan penelitian pembelajaran mengonversi teks negosisi ke dalam teks surat permintaan dengan menggunakan metode think-talk-write pada siswa kelas X SMA Negeri 9 Bandung. Rumusan masalah yang penulis ajukan adalah: (1) mampukah penulis melaksanakan pembelajaran mengonversi teks negosiasi ke dalam teks surat permintaan dengan menggunakan metode think-talk-write pada siswa kelas X SMA Negeri 9 Bandung?; (2) mampukah siswa kelas X SMA Negeri 9 Bandung mengonversi teks negosiasi ke dalam teks surat permintaan dengan menggunakan struktur teks, ciri-ciri kebahasaan, dan kaidah penulisan yang tepat?; dan (3) efektifkah metode pembelajaran think-talk-write digunakan dalam pembelajaran menonversi teks negosiasi ke dalam teks surat permintaan pada siswa kelas X SMA Negeri 9 Bandung?. Hipotesis yang penulis rumuskan yaitu: (1) penulis mampu melaksanakan pembelajaran mengonversi teks negosiasi ke dalam teks surat permintaan menggunakan metode think-talk-write pada siswa kelas X SMA Negeri 9 Bandung; (2) siswa kelas X SMA Negeri 9 Bandung mampu mengikuti pembelajaran mengonversi teks negosiasi ke dalam surat permintaan dengan metode think-talk-write; dan (3) metode think-talk-write efektif digunakan dalam pembelajaran mengonversi teks negosiasi ke dalam teks surat permintaan pada siswa kelas X SMA Negeri 9 Bandung. Adapun hasil penelitiannya sebagai berikut. 1. Penulis mampu merencanakan dan melaksanakan pembelajaran mengonversi teks negosiasi ke dalam teks surat permintaan dengan menggunakan metode think-talk-write pada siswa kelas X SMA Negeri 9 Bandung. Hal ini terbukti dari hasil nilai perencanaan sebesar 3,92 dan pelaksanaan sebesar 3,95. 2. Siswa kelas X SMA Negeri 9 Bandung mampu mengonversi teks negosiasi ke dalam teks surat permintaan dengan menggunakan metode think-talk-write. Hal ini terbukti dari hasil nilai rata-rata pretest yaitu sebesar 56,3 dan nilai rata-rata posttest sebesar 81,9. Jadi, adanya peningkatan 25,6. 3. Metode think-talk-write efektif digunakan dalam pembelajaran mengonversi teks negosiasi ke dalam teks surat permintaan, hal ini terbukti dari hasil perhitungan statistik dengan hasil t hitung > t tabel yaitu yaitu 16 > 2,04 pada tingkat kepercayaan 95%, dan derajat kebebasan sebesar 29. Berdasarkan fakta tersebut, penulis menyimpulkan bahwa penulis berhasil melakukan pembelajaran mengonversi teks negosiasi ke dalam teks surat permintaan dengan menggunakan metode think-talk-write. Kata kunci: Mengonversi, Metode Think-Talk-Write, Teks Negosiasi, Teks Surat Permintaan.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2016
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 05 Sep 2016 13:39
Last Modified: 05 Sep 2016 13:39
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11249

Actions (login required)

View Item View Item