PENGGUNAAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING LEARNING PADA MATERI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD N SEKELIMUS

AMILA, 12506008 4 (2016) PENGGUNAAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING LEARNING PADA MATERI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD N SEKELIMUS. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
1. COVER SKRIPSI.pdf

Download (21kB)
[img] Text
6. ABSTRAK 3 BAHASA.pdf

Download (165kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (213kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (431kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (95kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh temuan di lapangan bahwa proses pembelajaran IPS disekolah dasar menunjukkan adanya gejala - gejala tentang, kurangnya aktivitas atau keaktifan siswa dalam mempelajari pelajara n IPS. Selain dari kurangnya aktivitas siswa terhadap pembelajaran IPS , siswapun kurang memahami pelajaran IPS yang akan dipelajarinya. Ketidak pahaman tentang pembelajaran IPS materi perkembangan teknologi diketahui bahwa faktor penyebabnya adalah faktor dari siswa sendiri dan faktor dari guru kelas, diantaranya adalah 1) siswa cenderung kurang aktif, 2) hasil evaluasi menunjukkan siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi perkembangan teknologi, sehingga nilai evaluasi awalnya rendah, nilai siswa yan g tuntas 24% dan yang tidak tuntas 76%, dengan rata - rata nilai 56,2. D alam pelaksanaan penelitian d ilakukan dua siklus yang setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan dimana subjeknya yaitu siswa kelas IV dengan jumlah 25 siswa. Instrumen yang digunakan y aitu lembar observasi aktivitas guru dan siswa, wawancara, lembar kerja siswa (LKS), dan tes berupa pretest dan posttest serta angket respon siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui model contextual teach ing learning pada materi perkembangan teknologi di kelas IV SDN Sekelim us Kecamatan Bandung Kidul Kabupaten Bandung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model contextual teaching learning pada materi perkembangan teknologi dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Pada siklus I rata - rata aktivitas siswa dalam proses pembelajaran 60,75%. Pada siklus II rata - rata aktivitas siswa dalam proses pembelajaran adalah 82% yang berarti te lah mencapai harapan peneliti yaitu sebesar 80%. Hal ini juga berpengaruh pada ketuntasan siswa setelah proses pembelajaran. Pada siklus I siswa yang telah tuntas mencapai KKM sebanyak 17 orang atau 68%, sedangkan siklus II mengalami peningkatan sebanyak 2 2 orang atau 88%. Sehingga siswa menjadi lebih aktif, berani untuk bertanya, dan mengeluarkan pendapatnya dan pembelajaranpun menjadi lebih menyenangkan dan efesien. Kata kunci: Contextual Teaching Learning , perkembangan teknologi, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 05 Sep 2016 13:39
Last Modified: 05 Sep 2016 13:39
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11248

Actions (login required)

View Item View Item