PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN EKONOMI BISNIS “(Studi Kasus Siswa Kelas XI di SMK PASUNDAN 4 BANDUNG)”

ANNISA ISLAMI, 125020039 (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN EKONOMI BISNIS “(Studi Kasus Siswa Kelas XI di SMK PASUNDAN 4 BANDUNG)”. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (61kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (130kB)
[img] Text
ABSTRACK.pdf

Download (160kB)
[img] Text
9.BAB I.pdf

Download (213kB)
[img] Text
10.BAB II.pdf

Download (323kB)
[img] Text
14.daftar pustaka.pdf

Download (94kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Pengaruh Model Pembelajaran Koperatif Tipe Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Bisnis. (Sub pokok Bahasan Menghitung Pajak Ekonomi dan Bisnis Kelas XI MP 2 di SMK Pasundan 4 Bandung).Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dalam pelajaran ekonomi bisnis, (2) Untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing dalam pembelajaran ekonomi bisnis , (3) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran Snowball Throwing terhadap hasil belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, angket, dokumentasi dan studi pustaka dengan tehnik pengolahan data uji validitas, uji reliabilitas,uji normalitas data, analisis regresi linier sederhana dan koefisien determinasi. Hipotesis penelitian berbunyi “Model pembelajaran Snowball Throwing berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran ekonomi bisnis kelas XI MP 2 di SMK Pasundan 4 Bandung.” Hasil penelitian ini adalah menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Snowball Throwing terhadap hasil belajar belajar siswa. Hal ini dilihat dari hasil pengolahan data menggunakan program SPSS 21.0. Hasil olah data terdapat korelasi antara variabel X dan Variabel Y sebesar 0.891 itu berarti korelasi tersebut bertanda positif. Untuk mengetahui hubungan fungsional antara variabel X dan variabel Y maka digunakan analisis regresi linier sederhana, analisis tersebut menunjukan bahwa dengan hasil setiap kenaikan pada model pembelajaran Snowball Throwing sebesar 5,769 maka hasil belajar siswa meningkat sebesar 0.831. Hasil olah data memperlihatkan terdapat pengaruh model pembelajaran Snowball Throwing terhadap hsil belajar siswa kelas XI MP 2 di SMK Pasundan 4 Bandung sebesar 79,4% dan 20,6% ditentukan oleh faktor lain. Hasil pembahasan memperlihatkan faktor utama yang berpengaruh yang mempengaruhi variabel Y berasal dari indikator variabel X. Kesimpulan berdasarkan bukti dan hasil penelitian di atas hipotesis penelitian dapat teruji. Sebagai akhir penelitian penulis menyampaikan saran kepada para guru ekonomi bisnis agar menciptakan suasana belajar yang dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk berperan aktif dalam proses belajar mengajar. Model pembelajaran Snowball Throwing adalah alternatif metode yang dapat digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran karena memiliki manfaat bagi peserta didik untuk lebih membangun siswa untuk dapat berfikir kritis. Kata Kunci: Model Pembelajaran Snowball Throwing, Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran ekonomi bisnis

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 05 Sep 2016 13:02
Last Modified: 05 Sep 2016 13:02
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11228

Actions (login required)

View Item View Item