PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS Di SMA PASUNDAN 3 BANDUNG (Studi : Pada Materi Perdagangan Internasional)

GINA FEBRIANA W.W, 125020097 (2016) PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS Di SMA PASUNDAN 3 BANDUNG (Studi : Pada Materi Perdagangan Internasional). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (394kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (144kB) | Preview

Abstract

Judul penelitian ini adalah “ Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS Di SMA Pasundan 3 Bandung “Tujuan penelitian ini antara lain untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Keterampilan Mengajar Guru dalam membimbing diskusi kelompok kecil terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi Kelas XI SMA Pasundan 3 Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian assosiatif dalam bentuk survey explanatory dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan teknik pengolahan data menggunakan analisis regresi sederhana dengan menggunakan program SPSS 21(Statistical Product an Service Solution). Populasi penelitian adalah siswa kelas XI IPS SMA Pasundan 3 Bandung Semester II Tahun 2015/2016 yang berjumlah 31 orang yang terdiri dari 21 orang lakilaki dan 10 orang perempuan. Rancangan pengumpulan data yang digunakan ialah angket, Studi Dokumentasi, dan studi pustaka. Berdasarkan analisis data didapatkan pengaruh keterampilan mengajar guru (dalam membimbing diskusi kelompok kecil) terhadap prestasi belajar sebesar 17,5% dengan korelasi sebesar 0,418. Sehingga dapat disimpulkan bahwa keterampilan mengajar guru (dalam membimbing kelompok kecil) berpengaruh sangat rendah terhadap prestasi belajar siswa dan sisanya sebesar 82,5% dipengaruhi oleh faktor lain yaitu kurangnya motivasi belajar siswa serta kurangnya guru dalam menggunakan metode pembelajaran. Sebagai akhir penelitian penulis menyampaikan saran kepada guru agar lebih terampil dalam kegiatan belajar mengajar terutama dalam kegiatan membimbing diskusi kelompok. Kepada siswa Kelas XI SMA Pasundan 3 Bandung disarankan dapat menentukan proporsi waktu belajar dengan sebaik mungkin dan kepada peneliti selanjutnya diharapkan dapat menggali dan mengeksplorasi faktor-faktor lain yang turut mempengaruhi prestasi belajar siswa. Kata Kunci : Keterampilan Mengajar Guru, Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 08 Sep 2016 12:28
Last Modified: 08 Sep 2016 12:28
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11218

Actions (login required)

View Item View Item