PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING (DL) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SMK

GURUH NUGRAHA, 125050004 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING (DL) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SMK. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK indo.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT inggris.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (526kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (288kB) | Preview

Abstract

Ilmu pengetahuan semakin berkembang sejalan dengan berkembangnya teknologi yang ditemukan, diperlukan kecakapan hidup (Life Skill) untuk memperoleh, mengelola dan memanfaatkan ilmu pengetahuan yang digunakan untuk keperluan kehidupan dimasa kini dan masa yang akan datang. Salah satunya adalah kecakapan matematika. Akan tetapi pada kenyataanya masih kita jumpai siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis matematisnya rendah. Salah satu alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning. Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui apakah peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMK melalui model pembelajaran Discovery Learning lebih baik dari pada model pembelajaran konvonsional. (2) untuk mengetahui bagaimana sikap siswa terhadap pembelajaran matematika menggunakan model Discovery Learning. Berdasarkan metodenya penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK seIndonesia dan sampelnya adalah siswa kelas XI MM 1 dan XI MM 2 SMK N 3 Bandung. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dan skala sikap. Dari penelitian ini diperoleh kesimpulan: (1) kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMK yang memperoleh pembelajaran Discovery Learning lebih baik daripada yang memperoleh pembelajaran konvensional. (2) siswa bersikap positif terhadap penggunaan model pembelajaran Discovery Learning dalam pembelajaran matematika. Adapun sarannya adalah guru diharapkan menciptakan suasana yang kondusif dan melibatkan siswa dalam belajar sehingga siswa mampu mengembangkan kemampuan berpikir kritis matematis. Pembelajaran dengan model Discovery Learning sangat baik digunakan dalam pembelajaran, sehingga dapat dijadikan suatu alternatif dalam kegiatan belajar mengajar. Kata kunci: Model Discovery Learning, kemampuan berpikir kritis matematis.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 07 Sep 2016 18:17
Last Modified: 07 Sep 2016 18:17
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11216

Actions (login required)

View Item View Item