PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIK SISWA SMA KELAS X

MUHAMMAD RIZKI FAUZI, 125050020 (2016) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIK SISWA SMA KELAS X. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
SAMPUL.pdf

Download (91kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (133kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (165kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (545kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (210kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan model pembelajaran Mind Mapping terhadap peningkatan kemampuan koneksi matematik siswa dan sikap siswa terhadap penerapan model pembelajaran Mind Mapping . Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah desain kelompok kontrol pretes - postes. P opulasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA kelas X SMA PGII 2 Bandung. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X - 1 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X - 3 sebagai kelas kontrol yang dipilih secara acak kelas. Masalah yang diteliti yaitu peningkatan kemampuan koneksi matematik siswa serta sikap siwa terhadap pembelajaran matematika dengan model pembelajaran Mind Mapping . Instrumen pengumpulan data menggunakan tes kemampuan koneksi matematik dan angket skala sika p. I nstrumen tes kemampuan koneksi matematik siswa diujicoba terlebih dahulu sehingga layak untuk digunakan dalam penelitian ini. Analisis data kuantitatif menggunakan teknik independent sample t - test sedangkan analisis data skala sikap terlebih dahulu diu bah menjadi data kuantitatif lalu dianalisis menggunakan teknik one sample t - tes t . Hasil penelitian menunjukan bahwa: peningkatan kemampuan koneksi matematik siswa yang mendapatkan model pembelajaran Mind Mapping lebih baik daripada siswa yang mendapatkan model pembelajaran konvensional; sikap siswa terhadap pelajaran matematika, pembelajaran matematika dengan model pembelajaran Mind Mapping dan soal - soal kemampuan koneksi matematik pada umumnya positif. Dengan demikian model pembelajaran Mind Mapping dapat dijadikan salah satu al ternatif bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran di kelas. Kata kunci: Model pembelajaran Mind Mapping , Kemampuan koneksi matematik, Model pembelajaran konvensional, Sikap .

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2016
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 05 Sep 2016 13:39
Last Modified: 05 Sep 2016 13:39
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11209

Actions (login required)

View Item View Item