PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN POWER POINT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Studi Eksperimen Pada Materi Koperasi Kelas X IPS SMA Al Falah Bandung )

FRANSISKA NULA LULI, 125020063 (2016) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN POWER POINT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Studi Eksperimen Pada Materi Koperasi Kelas X IPS SMA Al Falah Bandung ). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK bhasa inggris.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (9kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Power Point Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Studi Eksperimen Pada Materi Koperasi Kelas X IPS SMA Al Falah Bandung”. Tujuan penelitian ini antara lain : 1) Untuk mengetahui proses pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran Power Point pada materi pembelajaran koperasi kelas X SMA Al Falah Bandung. 2) Untuk mengetahui gambaran hasil belajar siswa dalam materi pembelajaran koperasi setelah menggunakan media pembelajaran power point di SMA Al Falah Bandung. 3) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan media pembelajaran Power Point terhadap hasil belajar siswa pada materi pembelajaran koperasi di SMA Al Falah Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dan desain yang digunakan adalah Quasi Eksperimen Design, bentuk desain Quasi Eksperimen yang dipilih adalah Nonequivalent Control Group Design, yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 1 dengan jumlah 31orang sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X IPS 2 dengan jumlah 31 orang sebagai kelas kontrol. Data hasil belajar siswa diperoleh dari hasil posttest yang berbentuk pilihan ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan perbedaan hasil belajar sebesar 85,16 untuk kelas eksperimen, dan 71,77 untuk kelas kontrol. Hal ini dibuktikan dengan nilai hasil uji beda (t), dari perhitungan di atas didapatkan thitung= 8,023 sedangkan ttabel= 2,045. Sehingga bila dimasukkan pada rumus hipotesis thitung > ttabel, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Hipotesis penelitian berbunyi “Terdapat pengaruh positif antara media pembelajaran power point (X) terhadap hasil belajar siswa (Y) pada mata pelajaran ekonomi” Kesimpulannya adalah terdapat peningkatan hasil belajar siswa antara kelas X IPS 1 yang menggunakan media pembelajaran Power Point dengan siswa kelas X IPS 2 yang tidak menggunakan media Power Point. Dari hasil penelitian merekomendasikan pembelajaran dengan media Pembelajaran Power Point dapat meningkatkan hasil belajar siswa, sebaiknya dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam kegiatan pembelajaran ekonomi khususnya pada materi koperasi. Kata kunci : Media Pembelajaran Power Point, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 07 Sep 2016 15:10
Last Modified: 07 Sep 2016 15:10
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11203

Actions (login required)

View Item View Item