PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN MASTERY LEARNING WITH QUIZTEAM TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA MAN

MUHAMMAD APRIAN FADJERI, 125050009 (2016) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN MASTERY LEARNING WITH QUIZTEAM TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA MAN. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (89kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (185kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (224kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (17kB)
[img] Text
KEPUSTAKAAN.pdf

Download (165kB)

Abstract

M atematika merupakan salah satu mata pelajaran pokok yang diajarkan di setiap jenjang pendidikan. Kemampuan pemahaman konsep matematis sangat diperlukan siswa dalam memahami matematika. Namun kemampuan pemahaman konsep matematis siswa ternyata masih rendah. Salah satu alternative pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis adalah strategi pembelajaran Mastery Learning with Quiz Team . Menurut metodenya, penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X di MAN 1 Bandung tahun ajaran 2015 - 2016. Adapun sampel penelitiannya adalah siswa kelas X MAN 1 Bandung sebanyak dua kelas yang dipilih secara acak menurut kelas. Instrumen yang digunakan berupa testi peuraian soal - soal kemampuan pemahaman konsep matematis dan skala sikap yang menggunakan model Skala Likert. Skala sikap berisikan pernya taan - pernyataan mengenai pembelajaran matematika, strategi pembelajaran Mastery Learning with Quiz Team dan pemahaman konsep matematis. Tes diujicobakan dahulu di kelas XI IPA. Berdasarkan analisis hasil uji coba, semua soal tes layak untuk dipakai penelitian. Analisis data dilakukan melalui program SPSS 18 for Windows . Berdasarkan analisis data hasil penelitian, diperoleh kesimpulan: peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang mendapatkan strategi pembelajaran Mastery Learning with Q uiz Team lebih baik dari pada siswa yang mendapatkan pembelajaran biasa; siswa bersikap positif terhadap penggunaan strategi pembelajaran Mastery Learning with Quiz Team dalam pembelajaran matematika. Oleh karena itu strategi pembelajaran Mastery Learning with Quiz Team dapat dijadikan suatu alternative v bagi guru dalam melaksanakan pembelajarannya untuk menciptakan susasana belajar yang aktif, efektif dan menyenangkan. Kata kunci : Pemahaman Konsep Matematis, Strategi Pembelajaran Mastery Learning with Quiz Team

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2016
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 05 Sep 2016 13:38
Last Modified: 05 Sep 2016 13:38
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11138

Actions (login required)

View Item View Item