PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY UNTUK MENUMBUHKAN SEMANGAT KEBANGSAAN DAN MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

TESA PURWANTI, 115060020 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY UNTUK MENUMBUHKAN SEMANGAT KEBANGSAAN DAN MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
1 Cover.pdf

Download (166kB)
[img] Text
7 ABSTRAK.pdf

Download (8kB)
[img] Text
8 ABSRACT.pdf

Download (87kB)
[img] Text
BAB I .pdf

Download (125kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (416kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (93kB)

Abstract

Penelitian ini berisi tentang penerapan model pembelajaran discovery untuk menumbuhkan semangat kebangsaan dan meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Cijeruk Kecamatan Ciwidey pada pembelajaran IPS Kompetensi Dasar Menghargai Jasa dan Peranan Tokoh Dalam Mempersiapkan Kemerdekaan Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan sistem siklus yang terdiri dari tahapan per encanaan, implementasi tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus yang terdiri dari 2 pertemuan pada setiap siklusnya.pada setiap siklus dilaksanakan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan langkah - langkah model pembelajaran discovery . Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan studi dokumentasi. Berdasarkan pelaksanaan tindakan yang dilakukansecara keseluruhan telah menunjukan adanya peningkatan dari data awal proses pembelajaran. Data yang diperoleh dar i hasil observasi pada rencana pelaksanaan pembelajaran Siklus I adalah dengan persentase 61,42% dan pada siklus II meningkat menjadi 81,42%. Sedangkan untuk pelaksanaan pembelajaran dari hasil pengamatan siklus I memperoleh hasil 67,14% pada siklus II men ingkat menjadi 79,04%. Adapun nilai hasil pengamatan semangat kebangsaan siswa pada siklus I adalah sebesar 45,83% pada siklus II meningkat menjadi 77,50%. Persentase hasil belajar siswa pada siklus I adalah 33% atau 10 orang siswa yang nilainya mencapai K KM, kemudian pada siklus II persentase hasil belajar siswa adalah 73,33% atau sebanyak 22 orang siswa yang nilainya mencapai KKM. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran discovery dapat menumbuhkan semangat kebangsaan dan me ningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Cijeruk pada pembelajaran IPS Kompetensi Dasar menghargai Jasa dan Peranan Tokoh dalam Mempersiapkan kemerdekaan. Kata Kunci : Model Pembelajaran Discovery , Semangat Kebangsaan dan Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 05 Sep 2016 13:38
Last Modified: 08 Sep 2016 15:50
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11060

Actions (login required)

View Item View Item