AVILIA RIAN SUSYANTI, 125060045 (2016) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP KERJA SAMA DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS MATERI PERJUANGAN MELAWAN PENJAJAH (Penelitian Tindakan Kelas Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di Kelas V SDN Cimincrang Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
0. cover hitam putih.pdf Download (104kB) |
|
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf Download (137kB) |
|
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf Download (66kB) |
|
Text
BAB_I.pdf Download (86kB) |
|
Text
BAB_II.pdf Download (400kB) |
|
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (48kB) |
Abstract
Penelitian ini berjudul “Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Sikap Kerja Sama dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS” dilatar belakangi karena masih adanya permasalahan pembelajaran IPS khususnya dalam materi perjuangan melawan penjajah dalam meningkatkan sikap kerja sama dan hasil belajar yang ditunjukan oleh siswa masih rendah. Hal in i di karenakan masih kurangnya keterampilan pendidik dalam memilih model, metode dan strategi yang dari waktu ke waktu tidak berkembang sehingga berdampak pada nilai yang dalam kegiatan ini masih banyak di bawah KKM . Metode pen elitian yang digunakan adalah Pen elitian Tindakan Kelas (PTK) dengan mengadaptasi model PTK Arikunto yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari beberapa tindakan diantaranya perencanaan, pelaksanaanm pengamatan, dan refleksi. Dalam hal ini untuk membangun sikap kerja s ama antar siswa dan meningkatkan hasil belajar peneliti menggunakan model pembelajara n Problem Based Learning (PBL). Berdasarkan latar belakang yang menjadi permasalahan dalam hal i ni yait u bagaimana rencana pelaksanaan model Problem Based learning dapat m eningkatkan sikap kerja sama d an hasil belajar siswa kelas V. Adapun hasil penelitian dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada siklus I menunjukan nilai sikap kerja sama siswa yaitu 81.2 dan persentase hasil belajar siswa yan g memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) pada kegiatan pre test sebesar 38.70 %, p ost test sebesar 41.93 %. Pada siklus II menunjukan nilai sikap kerja sama siswa yaitu sebesar 8.93 dan persentase hasil belajar siswa yang telah memenuhi kriteria ketunt asan minimal (KKM) pada kegiatan pre test sebesar 74.19% , post test sebesar 87.09%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan sikap kerja sama dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS materi Perjuangan Penjajah di kelas V SDN Cimincrang Kota Bandung, dan dapat dijadikan salah satu alternatif model pembelajaran untuk dite rapkan pada pembelajaran KTSP. Kata Kunci : Model Problem Based Learning, Sikap Kerja Sama, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 03 Sep 2016 17:15 |
Last Modified: | 03 Sep 2016 17:15 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/10766 |
Actions (login required)
View Item |