MAYA APRIANA SIMBOLON, 125050063 (2016) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PENDEKATAN PROBLEM POSING TERHADAP PENINGKATAN KOMPETENSI STRATEGIS MATEMATIS SISWA SMK. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
COVER.pdf Download (57kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (111kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (184kB) |
||
Text
BAB II.pdf Download (288kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (92kB) |
Abstract
Pemebelajaran matematika yang menyenangkan dan menarik minat siswa perlu terus dikembangkan. Salah satu sekolah yang juga ikut mengembangkan pembelajaran matematika yaitu Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan lembaga pendidikan yang menyelenggarakan pendidikan dan latihan dalam berbagai program keahlian yang mengutamakan pengembangan kemampuan dan keterampilan . Model pembelajar an yang dapat meningkatkan minat siswa yaitu Problem Posing . Model pembelajaran p endekatan Problem Posing a dalah perumusan atau pengajuan masalah terhadap situasi yang dibe rikan, baik sebelum, selama atau setelah pemecahan masalah . Model Pembelajaran Pendekatan Problem Posing dapat meningkatkan kemampuan matematis salah satunya adalah kompetensi strategis matematis. Kompetensi strategis adalah kemampuan pemahaman dalam memfo rmulasikan, me rep resentasikan, serta menyelesaikan masalah . Penelitian ini bertujuan untuk: 1) m engetahui peningkatan kompetensi strategis matematis siswa SMK yang belajar memperoleh model pembelajaran Problem Posing dengan siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa , 2) m engetahui apakah sikap siswa positif terhadap pelajaran Matematika, terhadap model pembelajaran Problem Posing , dan terhadap kompetensi strategis matematis. Metode penelitian ini adalah eksperimen. Desain penelitian yang digunakan d alam penelitian ini adalah kelompok kontrol pretes - postes . Populasi penelitian ini adalah siswa X SMKN 4 Bandung dan sampelnya adal ah dua kelas , X AV 3 dan X AV 4 . Instrumen yang digunakan adalah tes tipe uraian dan skala sikap menggunakan skala Likert. B erdasarkan analis is uji coba, semua soal tes l ayak untuk dipakai penelitian. Analisis dat a dilakukan dengan menggunakan U ji - t melalui program SPSS 23 .0 for Windows yaitu dengan menggunakan Independent Sample t - Tes . Hasil penelitian menunju k kan bahwa peningkatan k ompetensi strategis s iswa SMK yang me mperoleh model pembelajaran pendekatan Problem Posing lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa. Selain itu, siswa bersikap positif terhadap model pembelajaran pendekatan Problem Posing dalam pem belajaran matematika . Oleh karena itu model pembelajaran pendekatan Problem Posing dapat dijadi kan suatu alternatif dalam melaksanakan pembelajarannya untuk me nciptakan suasana belajar yang aktif , efektif dan menyenangkan. Kata kunci : Ko mpetensi Strategis Matematis, Pembelajaran Pendekatan Problem Posing
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2016 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 05 Sep 2016 13:38 |
Last Modified: | 05 Sep 2016 13:38 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/10763 |
Actions (login required)
View Item |