PENGARUH METODE BELAJAR ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMA KEMALA BHAYANGKARI KELAS XI IIS TAHUN AJARAN 2015-2016

ELIA JUNIAWATI, 125020074 (2016) PENGARUH METODE BELAJAR ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMA KEMALA BHAYANGKARI KELAS XI IIS TAHUN AJARAN 2015-2016. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I L.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II L.pdf

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (86kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang mendapatkan perlakuan metode konvensional dengan teknik diskusi dan metode pembelajaran bermain peran (role playing) pada mata pelajaran ekonomi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen, dengan subyek penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI MIA (kelas kontrol) dan XI IIS (kelas role playing). Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes tertulis yang diberikan guru kepada siswa. Pengolahan data dilakukan dengan uji t (paired-sample t-test) dan independent sample t-test menggunakan aplikasi program SPSS. 21. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran bermain peran (role playing) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan metode role playing lebih tinggi dibandingkan dengan peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Besarnya pengaruh metode pembelajaran role playing terhadap hasil belajar peserta diukur dengan menggunakan tabel anova untuk memperoleh nilai Eta Square. Hasilnya, pengaruh metode pembelajaran role playing terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik sebesar 0.402. artinya variabilitas peningkatan hasil belajar peserta didik dalam kompetensi dasar pasar modal sebesar 40,2% dapat disebabkan oleh perlakuan metode pembelajaran role playing. Kata kunci : Role Playing, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 05 Sep 2016 13:08
Last Modified: 05 Sep 2016 13:08
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/10707

Actions (login required)

View Item View Item