PEMBELAJARAN MENGINTERPRETASI TEKS EKSPLANASI KOMPLEKS DENGAN MENGGUNAKAN METODE ROLE REVERSAL QUESTIONS DI KELAS XI SMK NEGERI 11 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016

MIRA KARTIKA GUNAWAN, 125030096 (2016) PEMBELAJARAN MENGINTERPRETASI TEKS EKSPLANASI KOMPLEKS DENGAN MENGGUNAKAN METODE ROLE REVERSAL QUESTIONS DI KELAS XI SMK NEGERI 11 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (328kB) | Preview

Abstract

Role reversal questions merupakan metode yang dapat merangsang kekritisan siswa dengan pemikiran suatu topik dan berdiskusi dengan orang lain. Penggunaan teknik ini juga dapat mengajarkan siswa agar menjadi pendengar yang hati - hati dan membuka diri mereka terhadap berbagai macam sudut pandang. Berkaitan dengan pejelasan di atas penulis tertarik untuk melakukan penelitian Pembelajaran Menginterpretasi Teks Eksplanasi Kompleks dengan Menggunakan Metode Role Reversal Questions Pada Siswa Kelas XI S MK Negeri 11 Bandung Tahun Pela jaran 2015/2016. Adapun perumusan masalah yang penulis ajukan adalah sebagai berikut. 1) Mampukah penulis merencanakan, melaksanakan dan menilai pembelajaran menginterpretasi teks eksplanasi kompleks dengan menggunakan metode role reversal questions pada siswa kelas XI SMK Negeri 11 Bandung ? 2) Mampukah siswa kelas X I SMK Negeri 11 Bandung menginterpretasi teks eksplanasi kompleks dengan tepat? 3) Efektifkah metode role reversal questions digunakan dalam pembelajaran menginterpretasi teks eksplanasi kompleks pada siswa kelas XI SMK Negeri 11 Bandung? Metode penelitian yang penulis gunakan yaitu eksperimen dengan jenis one group pretest and posttest design. Penulis dapat mengambil simpulan sebagai berikut. 1) Penulis m ampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran menginterpretasi teks eksplanasi dengan menggunakan metode role reversal questions pada siswa kelas XI SMK Negeri 11 Bandung. Hal ini terbukti berdasarkan hasil penilaian perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran menginterpretasi teks eksplanasi kompleks dengna menggunakan metode role reversal questions dari guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Adapun nilai perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran penulis mendapatkan nilai rata - rata pembelajaran adal ah 3,79 dengan kategori sangat baik. 2) Siswa kelas XI SMK Negeri 11 Bandung mampu menginterpretasi teks eksplansi kompleks dengan menentukan topik, menuliskan istilah ilmiah, istilah asing, dan istilah serapan beserta maknannya dengan tepat. Hal ini dibuk tikan dengan adanya perubahan pretes ke postes. Nilai rata - rata pretes sebesar 44,6 dan nilai rata - rata postes sebesar 77,9 termasuk kategori baik. Jadi, selisih nilai rata - r ata pretes dan postes yaitu 33,3 . Hal ini membuktikan bahwa kemampuan siswa kelas XI SMK Negeri 11 Bandung dalam menginterpretasi teks eksplansai kompleks mengalami peningkatan. 3) Metode role reversal questions efektif digunakan dalam menginterpretasi teks eksplanasi kompleks pada siswa kelas XI SMK Negeri 11 Bandung. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan statistik dengan hasil t hitung > t tabel , 10,50 > 2.05 pada tingkatan kepercayaan 95%, dan derajat kebebasan sebesar 27. Kata kunci: Pembelajaran, menginterpretasi teks, eksplanasi kompleks, dan metode role reversal questions.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2016
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 05 Sep 2016 13:36
Last Modified: 05 Sep 2016 13:36
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/10705

Actions (login required)

View Item View Item