METODE PEMBELAJARAN INKUIRI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI (Kelas Xi Ips Sman 17 Bandung Tahun Ajaran 2015/2016)

HOTLINAWATI SITANGGANG, 125020095 (2016) METODE PEMBELAJARAN INKUIRI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI (Kelas Xi Ips Sman 17 Bandung Tahun Ajaran 2015/2016). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (5kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (7kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul Model Pembelajaran Inkuiri dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi (Kelas XI IPS SMAN 17 Bandung Tahun Ajaran 2015/2016), dengan tujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa sebelum diberi perlakuan dengan sesudah diberi perlakuan pada saat posttest dan untuk mengetahui apakah model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa di SMA Negeri 17 Bandung. Banyak faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa, salah satunya adalah model pembelajaran yang diterapkan guru di dalam kelas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dan desain yang digunakan adalah Quasi Eksperimen Design, bentuk desain Quasi Eksperimen yang dipilih adalah Nonequivalent Control Group Design, yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 2 dengan jumlah 33 orang sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XI IPS 1 dengan jumlah 33 orang sebagai kelas kontrol. Data hasil belajar siswa diperoleh dari hasil posttest yang berbentuk pilihan ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan perbedaan hasil belajar sebesar 84,39 untuk kelas eksperimen, dan 72,87 untuk kelas kontrol. Hal ini dibuktikan dengan nilai hasil uji beda (t), dari perhitungan di atas didapatkan thitung= 7,619 sedangkan ttabel= 2, 101. Sehingga bila dimasukkan pada rumus hipotesis thitung > ttabel, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Kesimpulannya adalah terdapat peningkatan hasil belajar siswa antara kelas XI IPS 2 yang menggunakan model pembelajaran inkuiri dengan siswa kelas XI IPS 1 yang tidak menggunakan model pembelajaran inkuiri sebesar 11,52 dan terdapat sikap positif siswa terhadap pembelajaran akuntansi. Dari hasil penelitian merekomendasikan pembelajaran dengan model Pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa, sebaiknya dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam kegiatan pembelajaran akuntansi. Kata kunci : Model Pembelajaran Inkuiri, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 06 Sep 2016 13:54
Last Modified: 06 Sep 2016 13:54
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/10572

Actions (login required)

View Item View Item