PENERAPAN NUMBERED HEADS TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN SIKAP JUJUR DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS (Penelitian Tindakan Kelas Materi Peristiwa Sekitar Proklamasi Kemerdekaan Pada Siswa Kelas V SD Gumuruh 7/9)

Eva Nia Meilinda R, 125060177 (2016) PENERAPAN NUMBERED HEADS TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN SIKAP JUJUR DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS (Penelitian Tindakan Kelas Materi Peristiwa Sekitar Proklamasi Kemerdekaan Pada Siswa Kelas V SD Gumuruh 7/9). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK indo.pdf

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (499kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA 1-5.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (499kB) | Preview

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan di SD Negeri Gumuruh 7/9 dengan subjek penelitian adalah kelas V. Adapun tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan sikap jujur dan hasil belajar siswa. Penelitian dilakukan pada materi peristiwa proklamasi kemerdekaan dengan menggunakan model pembelajaran “Numbered Heads Together”. Objek penelitian adalah siswa kelas V dengan jumlah siswa 32 orang yang terdiri atas 13 orang siswa laki-laki dan 19 orang siswa perempuan, adapun instrument yang dipakai dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, evaluasi hasil belajar siswa berupa pre-tes dan post-tes. Pengolahan dan pengumpulan data berdasarkan dari hasil tes, lembar observasi, hasil wawancara observer dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan didapatkan beberapa siklus peningkatan yaitu setiap siklus siswa mengalami peningkatan baik pada proses pembelajaran dan hasil belajar siswa , pada siklus I telah menunjukan peningkatan dengan nilai rata-rata siswa 70 dengan persentase 75%, sedangkan pada sisklus II lebih meningkat dari siklus I yaitu dengan nilai rata-rata 77 dengan persentase 91%. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model Numbered Heads Together pada materi peristiwa sekitar proklamasi kemerdekaan dapat meningkatkan sikap jujur dan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Numbered Heads Together, sikap jujur, hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 03 Sep 2016 15:10
Last Modified: 03 Sep 2016 15:10
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/10498

Actions (login required)

View Item View Item