ANALISIS LAPORAN KEUANGAN DALAM MENGUKUR TINGKAT RENTABILITAS (Studi Kasus Pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk. Periode 2012 – 2014)

Vera Komala Sukiat, 122040043 (2016) ANALISIS LAPORAN KEUANGAN DALAM MENGUKUR TINGKAT RENTABILITAS (Studi Kasus Pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk. Periode 2012 – 2014). Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (397kB) | Preview
[img]
Preview
Text
JUDUL.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (341kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk. merupakan salah satu bank milik pemerintah yang terbesar di Indonesia. Lembaga tersebut bergerak dalam bidang jasa yaitu perbankan. Permasalahan yang terjadi saat ini adalah adanya fluktuasi pada laporan keuangan periode 2012-2014 yaitu pada laporan neraca dan laporan laba rugi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi non partisipan, wawancara dan studi kepustakaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis rasio keuangan yaitu rasio rentabilitas. Berdasarkan data yang diperoleh dalam laporan keuangan PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk. dengan menggunakan rasio rentabilitas pada Return On Assets dan Biaya Operasional terhadap Pendapatan Operasional pada periode 2012-2014. Analisis menggunakan Return On Assets menghasilkan persentase yang fluktuasi yaitu pada tahun 2012-2013 mengalami penurunan, namun pada tahun 2013-2014 mengalami kenaikan. Sedangkan analisis menggunakan Biaya Operasional dan Pendapatan Operasional periode 2012-2014 mengalami penurunan, namun perusahaan masih memenuhi standar kesehatan Bank Indonesia yaitu sebesar 5%. Faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat rentabilitas adalah, pendapatan operasional dan laba operasional yang dalam satu periode menurun tetapi tidak diimbangi dengan beban operasional yang terus meningkat setiap tahunnya yang disebabkan karena beban bunga, beban administrasi&umum, beban penyusutan yang terus meningkat. Saran yang disampaikan sebaiknya perusahaan meningkatkan tingkat rentabilitas terutama pada rate biaya operasional terhadap pendapatan operasional, dengan menekan biaya operasional perusahaan agar pendapatan operasional dan laba operasional dapat meningkat. Perusahaan juga sebaiknya dapat meningkatkan penyaluran dana kredit yang diberikan terhadap nasabah, dan meminimalisir agar pengembalian dana tidak terhambat karena akan berpengaruh kepada keuntungan perusahaan. Kata Kunci : Laporan Keuangan, Tingkat Rentabilitas

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Niaga 2016
Depositing User: Irawan Whibiksana
Date Deposited: 03 Sep 2016 15:27
Last Modified: 03 Sep 2016 15:27
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/10496

Actions (login required)

View Item View Item