PEMBELAJARAN MENULIS DESKRIPSI PERILAKU MANUSIA DALAM NASKAH DRAMA DENGAN MENGGUNAKAN METODE SOMATIS - AUDITORY - VISUALIZATION - INTELLECTUALLY (S - A - V - I) PADA SISWA KELA XI SMA NEGERI 5 CIMAHI TAHUN PELAJARAN 2015/2016

MARYAM SILVIA, 125030005 (2016) PEMBELAJARAN MENULIS DESKRIPSI PERILAKU MANUSIA DALAM NASKAH DRAMA DENGAN MENGGUNAKAN METODE SOMATIS - AUDITORY - VISUALIZATION - INTELLECTUALLY (S - A - V - I) PADA SISWA KELA XI SMA NEGERI 5 CIMAHI TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER SKRIPSI SISIL.pdf

Download (105kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (90kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (181kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (183kB)
[img] Text
Daftar Pustaka skripsi.pdf

Download (9kB)

Abstract

Dunia pembelajaran tidak akan lepas dari bahasa. Kita semua sebagai elemen di dalamnya memerlukan bahasa yang baik dan benar dalam proses pembelajaran. Pembelajaran bahasa sangat dibutuhkan bagi setiap manusia yang hidup. Berdasarkan masalah yang ada, peneliti mencoba merumusakan masalah dalam bentuk persoalan (1) Mampukah penulis merencanakan, menerapkan, dan menilai kegiatan pembelajaran menulis deskripsi mengenai prilaku manusia dalam naskah drama pada siswa kelas XI IPA 5 SMA Negeri 5 Cimahi? ( 2) Mampukah siswa kelas XI IPA 5 SMA Negeri 5 Cimahi mengikuti kegiatan pembelajaran menulis deskripsi mengenai prilaku manusia dengan menggunakan metode pembelajaran Somatis - Auditory - Visualization - Intellectually (SAVI) (3) Efektifkah metode pembelajaran Somatis - Auditory - Visualization - Intellectually (SAVI) digunakan sebagai metode dalam pembelajaran menulis deskripsi mengenai perilaku manusia dalam naskah drama pada siswa kelas XI IPA 5 SMA Negeri 5 Cimahi?. Adapun kesimpulan dari penelitian yang penulis l akukan adalah Penulis mampu menerapkan, merencanakan dan menilai metode pembelajaran Somatis - Auditory - Visualitazion - Intellectully (SAVI) dalam kegiatan pembelajaran menulis deskripsi mengenai perilaku manusia dalam naskah drama. Hal ini dapat dibuktikan p ada hasil penilaian Guru Bahasa dan Sastra Indonesia mengenai persiapan dan pelaksanaan pembelajaran pada siswa kelas XI IPA 5 SMA Negeri 5 Cimahi. Penulis mendapatkan nilai rata - rata 3,78 dengan kategori baik sekali (A). Dengan demikian, penulis berhasil mengajarkan pembelajaran menulis deskripsi perilaku manusia dalam naskah drama dengan menggunakan metode S - A - V - I pada siswa kelas XI SMA Negeri 5 Cimahi Tahun Pelajaran 2015/2016. Siswa mampu menulis deskripsi mengenai perilaku manusia dalam naskah drama dengan menggunakan metode pembelajaran Somatis - Auditory - Visualitazion - Intellectully (SAVI). Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan nilai rata - rata pretes ke nilai rata - rata postes. Dalam hal ini, nilai rata - rata pretes 61,28 dan nilai rata - rata postes 93,10 Artinya kemampuan siswa kelas XI IPA5 SMA Negeri 5 Cimahi meningkat. Metode pembelajaran Somatis - Auditory - Visualitazion - Intellectully (SAVI) efektif digunakan dalam pembelajaran menulis deskripsi mengenai perilaku manusia dalam nas kah drama. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil penelitian statistik dan hasil perhitungan taris signifikan perbedaan mean pretes dan pos - tes dengan t hitung > tt abel yakni 4,93 > 4,09 Pada taraf signifikansi 5% tingkat kepercayaan 95% dan derajat kebebasan 37. Kata Kunci : Pembelajaran, Menulis, Deskripsi, Perilaku, Naskah Drama, S - A - VI

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2016
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 03 Sep 2016 14:36
Last Modified: 03 Sep 2016 14:36
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/10427

Actions (login required)

View Item View Item