PERBANDINGAN POLA DISTRIBUSI DAN KELIMPAHAN FAMILI NERITIDAE (KELAS GASTROPODA) ANTARA ZONA LITORAL DENGAN ESTUARI CIPATIREMAN CIPATUJAH KABUPATEN TASIKMALAYA

HANDI SUGANDA, 125040036 (2016) PERBANDINGAN POLA DISTRIBUSI DAN KELIMPAHAN FAMILI NERITIDAE (KELAS GASTROPODA) ANTARA ZONA LITORAL DENGAN ESTUARI CIPATIREMAN CIPATUJAH KABUPATEN TASIKMALAYA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (104kB)
[img] Text
7. ABSTRAK.pdf

Download (87kB)
[img] Text
8. ABSTRACT.pdf

Download (86kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (199kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (592kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (98kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi secara kuantitatif mengenai perbandingan pola distribusi dan kelimpahan famili Neritidae di dua tempat yaitu zona Litoral Pantai Sindangkerta dengan Estuari Cipatireman Cipatujah Kabupaten Tasikmalaya Jawa Barat. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 23-24 April 2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Deskriptif. Metode pencuplikan menggunakan Belt Transek dan Hand Sorting Stasiun penelitian terdiri atas 6 stasiun dengan 5 kuadrat pada zona Litoral dan 6 stasiun dengan 3 kuadrat pada Estuari Cipatireman dengan pengambilan sampel sebanyak 3 kali setiap stasiun penelitian. Identifikasi sampel dilakukan di Laboratorium Biologi, FKIP Universitas Pasundan Bandung. Organisme yang ditemukan pada dua tempat penelitian menunjukan hasil yang berbeda, pada zona Litoral dari ke-15 jenis hewan kelas gastropoda tidak ditemukan hewan famili Neritidae sehingga nilai pola distribusi dan kelimpahan bernilai 0, sedangkan untuk Estuari Cipatireman ditemukan 3 spesies famili Neritidae yaitu Clithon flavovirens 29 Individu, Neritina auriculata 1 individu, dan Clithon faba 3 individu. Sehingga dapat diketahui nilai pola distribusi hewan famili Neritidae di Estuari yaitu Clithon flavovirens sebesar 28,83 sehingga pola distribusi bersifat mengelompok, Neritina auriculata nilai distribusi sebesar 0,99 sehingga pola distribusi bersifat seragam, dan Clithon faba nilai distribusi sebesar 2,99 sehingga pola distribusi bersifat mengelompok. Sedangkan nilai kelimpahan dari enam stasiun penelitian Estuari memiliki rata-rata yaitu, stasiun I sebesar 1 Ind/m2, stasiun II sebesar 1 Ind/m2, stasiun III sebesar 2 Ind/m2, stasiun IV 1 Ind/m2 , stasiun V 1 Ind/m2 , stasiun VI 3 Ind/m2. Kata kunci: Distribusi, Kelimpahan, Neritidae, Salinitas, Belt Transek.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 03 Sep 2016 15:09
Last Modified: 03 Sep 2016 15:09
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/10347

Actions (login required)

View Item View Item