MEYDINA INDRIANI, 125060048 (2016) PENGGUNAAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA AKU BANGGA DENGAN DAERAH TEMPAT TINGGALKU (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV Semester 2 SD Negeri ASMI Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (30kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf Download (132kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (31kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (450kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (12kB) | Preview |
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada subtema aku bangga dengan daerah tempat tinggalku siswa kelas IV SD Negeri ASMI Kota Bandung . Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Asmi Kota Bandung. Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik SD Neger i Asmi Kota Bandung sebanyak 25. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yakni setiap siklus terdiri dari 3 Pembelajaran. Metode pengumulan data yang digunakan adalah posttes dan non test berup a observasi/pengamatan. Teknik analisa data yang digunakan yaitu teknik deskriptif persentase digunakan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik dari siklus I dan II. Model yang digunakan adalah model project based learning , Hasil belajar s iswa menunjukkan nilai rerata pada siklus I aspek kognitif 79 dengan pencapaian nilai KKM sebanyak 80%, afektif 69,6 dengan pencapaian nilai KKM sebanyak 44% dan psikomotorik 68,8 dengan pencapaian nilai KKM sebanyak 48%. Pada siklus II atau terjadi pening katan nilai rerata kelas aspek kognitif sebesar 6,2 dengan pencapaian nilai KKM sebanyak 92%, afektif 13,3 dengan pencapaian nilai KKM sebanyak 100% dan psikomotorik 11,9 dengan pencapaian nilai KKM sebanyak 88%. Sikap cinta lingkungan sisa pada siklus I m encapai rata - rata sebesar 72,3 % dari 25 siswa, pada siklus II Peningkatan sikap cinta ligkumgan siswa pada subtema aku bangga dengan daerah tempat tingalku dari siklus I ke siklus II sebesar 16,7 % Hambatan penelitian, belum bisa meminimalisir waktu, siswa belum sepenuhnya memahami materi, siswa belum melaksanakan perannya dengan baik di lingkungan sekolah. Upaya mengatasi hambatan; Membuat kelompok dalam pengerjaan proyek, belajar secara kolaboratif dan koopertif serta, menjelaskan tata tertib lingkungan s ekolah. Berkaitan dengan penelitian ini hendaknya gurumengkaji model pembelajaran tersebut sehingga pelaksanaan sesuai yang diinginkan. Kata Kunci: Hasil belajar, Model Project Based Learning, Hambatan Penelitian, Upaya mengatasi hambatan penelitian.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 03 Sep 2016 13:53 |
Last Modified: | 03 Sep 2016 13:53 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/10319 |
Actions (login required)
View Item |