PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS AL QURAN PADA KONSEP KERUSAKAN LINGKUNGAN TERHADAP SIKAP ILMIAH SISWA DI MAN 1 KOTA BANDUNG

EUIS NURLAILASARI HASSANAH, 125040136 (2016) PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS AL QURAN PADA KONSEP KERUSAKAN LINGKUNGAN TERHADAP SIKAP ILMIAH SISWA DI MAN 1 KOTA BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER.pdf

Download (87kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (149kB)
[img] Text
ABSTRACT.pdf

Download (189kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN OK.pdf

Download (290kB)
[img] Text
BAB II KAJIAN TEORI.pdf

Download (624kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (221kB)

Abstract

Penelitian yang berjudul “Penerapan Pembelajaran Berbasis Al Quran pada Konsep Kerusakan Lingkungan terhadap Sikap Ilmiah Siswa di MAN 1 Kota Bandung. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui penerapan pembelajaran berbasis Al-Quran pada konsep kerusakan lingkungan terhadap sikap ilmiah siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan pembelajaran berbasis Al-Quran pada konsep kerusakan lingkungan serta mengetahui bagaimana sikap ilmiah siswa di MAN 1 Kota Bandung. Sampel dari penelitian sebanyak 36 siswa MAN 1 Kota Bandung kelas X MIA C. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pra eksperimen dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah skala sikap, lembar tes kognitif dan lembar pengamatan sikap ilmiah siswa yang terdiri dari empat aspek. Adapun aspek sikap ilmiah siswa tersebut adalah rasa ingin tahu, peduli lingkungan, kerja sama dan tanggung jawab. Hasil tes kognitif dianalisis secara kuantitatif yaitu dari rata-rata skor pretest dan posttest. Hasil analisis deskriptif menunjukan bahwa persentase sikap ilmiah siswa termasuk kategori sedang. Hal ini diperkuat dengan analisis hasil uji hipotesis yang menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif pembelajaran berbasis Al-Quran terhadap sikap ilmiah siswa. Hal ini dapat dilihat dari nilai sig. 0.00 ≤ α = 0.05 dan hasil uji sikap ilmiah siswa dengan skala likert bahwa skor rata-rata sikap ilmiah siswa mendekati nilai lima. Hal ini menunjukan bahwa siswa memiliki sikap ilmiah yang positif. Kata kunci : sikap ilmiah siswa, pembelajaran berbasis Al-Quran, kerusakan lingkungan

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 03 Sep 2016 15:07
Last Modified: 03 Sep 2016 15:07
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/10261

Actions (login required)

View Item View Item