PEMBELAJARAN MEMPRODUKSI TEKS CERITA ULANG BIOGRAFI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA MOVIE MAKER PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 LEMBANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016

DEFA FALDI PRASETYA, 125030104 (2016) PEMBELAJARAN MEMPRODUKSI TEKS CERITA ULANG BIOGRAFI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA MOVIE MAKER PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 LEMBANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT(3).pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (86kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran memproduksi berkaitan dengan keempat keterampilan berbahasa, salah satunya yaitu keterampilan menulis. Salah satunya dengan menulis teks cerita ulang biografi, dengan menggunakan media movie maker yang menekankan siswa untuk dapat menggunakan teknologi dalam proses pembelajaran. Sehubungan dengan itu, penulis tertarik untuk melakukan penelitian pembelajaran memproduksi teks cerita ulang biografi dengan menggunakan media movie maker pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Lembang. Rumusan m asalah yang penulis ajukan adalah: 1) Mampukah penulis merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran memproduksi teks cerita ulang biografi dengan menggunakan media movie maker pada siswa kela s XI SMA Negeri 1 Lembang?; 2) M ampukah siswa kelas XI SM A Negeri 1 Lembang memproduksi teks cerita ulang biografi berdasarkan struktur teks, ciri kebahasaan, dan kaidah penulisan teks cerita ul ang biografi secara tepat?; 3) E fektifkah media movie maker digunakan dalam pembelajaran memproduksi teks cerita ulang biografi pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Lembang?. Hipotesis y ang penulis rumuskan yaitu: 1) P enulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai kegiatan pembelajaran memproduksi teks cerita ulang biografi dengan menggunakan media movie maker pada siswa kel as XI SMA Negeri 1 Lembang. 2) S iswa kelas XI SMA Negeri 1 Lembang mampu memproduksi teks cerita ulang biografi berdasarkan struktur teks, ciri kebahasaan, dan kaidah penulisan teks cerita ulang biografi. 3) M edia movie maker efektif digunakan dal am pembelajaran memproduksi tek s cerita ulang biografi pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Lembang. Adapun penelitian yang penulis lakukan yaitu: a. Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran memproduksi teks cerita ulang biografi dengan men ggunakan media movie maker pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Lembang. Hal ini terbukti dengan hasil penilaian perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran sebesar 3,65 yang termasuk ke dalam kategori baik sekali. b. Siswa kelas XI SMA Negeri 1 Lembang mampu mempro duksi teks cerita ulang biografi dengan menggunakan media movie maker . Hal ini terbukti dari hasil nilai rata - rata pretes sebesar 50,2 dan nilai rata - rata postes sebesar 77,4. Peningkatannya sebesar 27,2. c. Media movie maker efektif digunakan dalam pembelaja ran memproduksi teks cerita ulang biografi. hal ini terbukti dari hasil perhitungan statistic dengan hasil t hitung sebesar 20, t tabel sebesar 2,05 pada tingkat kepercayaan 95% dan sebesar 26. Berdasarkan hasil penelitian di atas, penuls menyimpulkan bahwa semua hipotesis yang rumuskan dalam penelitian ini dapat diterima. Kata Ku nci: pembelajaran, memproduksi, menulis, teks cerita ulang, biografi, dan m edia movie m aker .

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2016
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 03 Sep 2016 13:19
Last Modified: 03 Sep 2016 13:19
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/10258

Actions (login required)

View Item View Item