PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN SIKAP SEMANGAT KEBANGSAAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI PERSIAPAN KEMERDEKAAN INDONESIA (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V SDN Gentra Masekdas Kecamatan Bojongloa Kaler Kota Bandung)

Reza Suteja, 125060246 (2016) PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN SIKAP SEMANGAT KEBANGSAAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI PERSIAPAN KEMERDEKAAN INDONESIA (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V SDN Gentra Masekdas Kecamatan Bojongloa Kaler Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER BARU reza.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK reza ind.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I fix.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II fix.pdf

Download (692kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (122kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap semangat kebangsaan dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model cooperative learning tipe jigsaw pada pembelajaran IPS pokok bahasan persiapan kemerdekaan Indonesia. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN Gentra Masekdas dan dilatar belakangi keadaan siswa yang kurang menunjukkan sikap di dalam proses kerja kelompok dan hasil belajar yang masih banyak di bawah KKM karena guru sering menggunakan metode ceramah yang cenderung monoton dan belum menggunakan model cooperative learning tipe jigsaw. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan 2 pertemuan pada setiap siklusnya dan menerapkan model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw yang terdiri dari 6 fase, yaitu stimulus/pemberian rangsangan, pernyataan/identifikasi masalah, pengumpulan data, pengolahan data, pembuktian, menarik kesimpulan/ generalisasi. Penilaian yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes untuk mengetahui hasil belajar siswa, penilaian aktivitas dan lembar observasi untuk mengetahui kegiatan guru dan siswa selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata dari penilaian kerjasama dan hasil tes belajar. Pada penilaian aktivitas nilai rata-rata siklus 1 yaitu 65 sedangkan siklus 2 mencapai nilai rata-rata 75,5. Hasil belajar siklus 1 nilai rata-rata yaitu 60,80, dan hasil belajar siklus 2 rata-rata nilai mencapai 73,87. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan model cooperative learning tipe jigsaw dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS pokok bahasan Persiapan Kemerdekaan Indonesia di kelas V SDN Gentra Masekdas. Dengan demikian, penggunaan model cooperative learning tipe jigsaw dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran IPS dengan pokok bahasan yang lainnya. Kata kunci: cooperative learning tipe jigsaw, aktivitas, hasil belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 03 Sep 2016 15:07
Last Modified: 03 Sep 2016 15:07
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/10242

Actions (login required)

View Item View Item