PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA SUBTEMA PENGALAMAN BERSAMA TEMAN UNTUK MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR SISWA (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas I SDN Mayak 4 Kecamatan Cibeber Kabupaten Cianjur)

FITRI FAUZIAH FEBRIANI, 125060123 (2016) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA SUBTEMA PENGALAMAN BERSAMA TEMAN UNTUK MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR SISWA (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas I SDN Mayak 4 Kecamatan Cibeber Kabupaten Cianjur). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak bahasa indonesia.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak bahasa inggris.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (440kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (132kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan rasa percaya diri dan hasil belajar siswa pada tema pengalamanku subtema pengalaman bersama teman di kelas I SDN Mayak 4. Penggunaan metode konvensional menjadikan pembelajaran tidak berjalan secara efektif dan kurang memberikan kesempatan kepada siswa untuk terlibat langsung dalam proses pembelajaran sehingga siswa menjadi pasif. Metode Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus pada pelaksanaanya. Setiap siklus terdiri dari tiga pembelajaran dengan menggunakan model discovery learning. Adapun setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan rasa percaya diri dan hasil belajar siswa. Pada siklus I skor rata – rata rasa percaya diri siswa sebesar 2,75 dengan kategori sedang pada siklus II skor rata – rata rasa percaya diri siswa sebesar 3,00 dengan kategori baik. Pada siklus I rata – rata hasil belajar post test sebesar 3,16 dengan kategori baik, pada siklus II skor rata – rata hasil belajar post test sebesar 3,52 dengan kategori sangat baik. Berdasarkan analisis data hasil penelitian yang diperoleh dilapangan maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Discovery Learning dapat meningkatkan rasa percaya diri dan hasil belajar siswa kelas I pada tema pengalamanku subtema pengalaman bersama teman. Dengan demikian model Discovery Learning dapat dijadikan salah satu model pembelajaran di dalam kelas agar meningkatkan rasa percaya diri dan hasil belajar siswa. Kata Kunci: ModelDiscovery Learning, Rasa Percaya Diri, Hasil Belaja

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 03 Sep 2016 15:06
Last Modified: 03 Sep 2016 15:06
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/10240

Actions (login required)

View Item View Item