MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS TENTANG KOPERASI DAN KESEJAHTERAAN RAKYAT MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Gunungleutik 03 Kecamatan Ciparay Kabupaten Bandung)

Mira Peblina Nurzanah, 125060220 (2016) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS TENTANG KOPERASI DAN KESEJAHTERAAN RAKYAT MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Gunungleutik 03 Kecamatan Ciparay Kabupaten Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak indo.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak inggris.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (499kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (98kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berisi tentang penggunaan model Problem Based Learning yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Gunungleutik 03 Kecamatan Ciparay Kabupaten Bandung pada pembelajaran IPS tentang Koperasi dan kesejahteraan rakyat. Pembelajaran yang dihadapi pada pembelajaran ini adalah pembelajaran yang disajikan oleh guru masih menggunakan metode pembelajaran konvensional yaitu metode ceramah, proses pembelajaran ini hanya berpust pada guru (teacher centered) tanpa melibatkan siswa sehingga tidak menarik minat siswa untuk belajar dan siswa menjadi kurang aktif dalam mengkuti proses pembelajaran. Model Problem Based Learning berguna untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, observasi, wawancara, dokumentasi. Berdasarkan pelaksanaan tindakan yang dilakukan sebanyak dua siklus, secara keseluruhan telah menunjukkan adanya peningkatan dari data awal proses pembelajaran.data yang diperoleh pada rencana pelaksanaan pembelajaran sikuls I 3.6, pada siklus II 3.8. sedangkan untuk pelaksanaan pembelajaran siklus I 3.7, siklus II 3.9. Untuk hasil belajar siswa siklus I 61%, siklus II 81%. kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah, bahwa penggunaan model Problem Based Learning sangat menunjang terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS tentang Koperasi dan kesejahteraan rakyat di kelas IV SDN Gunungleutik 03 Kecamatan Ciparay Kabupaten Bandung. Kata kunci: Model Problem Based Learning, hasil belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 03 Sep 2016 15:06
Last Modified: 03 Sep 2016 15:06
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/10230

Actions (login required)

View Item View Item