PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIKA MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS)

EKA FIRMANSYAH, NPM. 118612044 (2013) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIKA MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS). Thesis(S2) thesis, UNPAS.

[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (15kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (24kB)
[img] Text
cover tesis.docx

Download (43kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (38kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (43kB)

Abstract

Sikap dan kemampuan pemahaman siswa masih bisa dikatakan kurang baik yang berakibat kepada hasil belajar, khususnya di Madrasah. Salah satu upaya yang dapat dilakukan oleh guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa adalah dengan memilih model pembelajaran yang sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Salah satu metode pembelajaran yang dirasa efektif dan efisien dalam pengajaran adalah metode pembelajaran kooperatif STAD yang menekankan pada aktifitas dan interaksi di antara siswa untuk saling memotivasi, saling membantu dalam menguasai materi pelajaran untuk mencapai prestasi yang maksimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) apakah kemampuan pemahaman matematika siswa yang menggunakan pembelajaran kooperatif lebih baik daripada kemampuan pemahaman matematika siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. 2) kualitas peningkatan kemampuan pemahaman matematika siswa dengan menggunakan pembelajaran kooperatif dan pembelajaran konvensional 3) apakah siswa memiliki sikap yang baik terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan pembelajaran kooperatif. 4) kualitas peningkatan kemampuan pemahaman matematika siswa dilihat dari sikap siswa yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD 5) efektifitas tindakan dalam pembelajaran yang dilakukan dalam penelitian ini. Hasil penelitian 1) kemampuan pemhaman matematika siswa yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik daripada yang menggunakan pembelajaran konvensional 2) Siswa memiliki kualitas peningkatan kemampuan pemahaman matematika yang rendah dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD maupun pembelajaran konvensional 3) Siswa memiliki sikap yang positif dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD 4) Semua siswa yang memiliki kualitas peningkatan maupun tidak, memiliki sikap yang positif terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD 5) Pembelajaran yang dilakukan memiliki efektifitas tindakan yang tinggi dalam penelitian ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemahaman matematika dan skala sikap. Dimana populasi penelitiannya di MTsS Alif Al-Ittifaq kelas VIII dengan sampelnya yang dipilih secara acak yaitu kelas VIII-A dan VIII-B. Kata Kunci : model pembelajaran kooperatif tipe STAD, model pembelajaran konvensional, kemampuan pemahaman matematika, efektifitas tindakan pada pembelajaran.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: S2-Thesis
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2013
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 08 Mar 2016 06:56
Last Modified: 08 Mar 2016 06:56
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/102

Actions (login required)

View Item View Item