PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS) PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SMP ( Penelitian Eksperimen pada Siswa Kelas VII SMP Pasundan 6 Bandung

Eva Elida, 125050058 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS) PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SMP ( Penelitian Eksperimen pada Siswa Kelas VII SMP Pasundan 6 Bandung. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDO.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT INGGRIS.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (460kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (663kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (163kB) | Preview

Abstract

Eva Elida. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Divisions) Pada Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP. Penelitian ini di latarbelakangi oleh tentang rendahnya kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang membuat siswa sering kali merasa kesulitan dalam meny elesaikan soal - soal matematika. A lternatif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa adalah pembelajaran STAD (Student Team Ach ievement Divvision). Penelitian ini bertujuan untuk (1) Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang pembelajaran matematikanya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional; (2) Sikap siswa terhadap kegiatan pembelajaran matematika dengan menggunakan model STAD; (3) Untuk mengetahui apakah terdapat korelasi positif antara sikap siswa dengan kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Menurut metodenya, penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMP Pasundan 6 Bandung tahun ajaran 2015 - 2016. Adapun sampel penelitiannya adalah siswa kelas VII sebanyak dua kelas yang dipilih secara acak menurut kelas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes tipe uraian soal - soal kemampuan berpikir kritis matematis dan skala sikap yang menggunaka n model Skala Likert. Skala sikap berisikan pernyataan - pernyataan mengenai pelajaran matematika, model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) , dan berpikir kritis matematis siswa. Data analisis dengan menggunakan uji normalitas distribusi, u ji homogenitas dua varians, dan uji kesamaan dua rerata. Dari peneliti an ini, diperoleh kesimpulan sebagai berikut : (1) Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) lebi h baik daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional ; (2) Sikap siswa positif terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD; (3) T erdapat korelasi positif sangat rendah anta ra kemampuan berpikir kritis matematis dan s ikap siswa yang menggunakan model pembelajaran STAD . Oleh karena itu model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) dapat dijadikan suatu alternatif bagi guru dalam melaksanakan pembelajarannya untuk menciptakan suasana belajar yang aktif, efektif dan menyenangkang Kata Kunci: Berpikir Kritis Matematis, Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD)

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2012
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 03 Sep 2016 15:05
Last Modified: 03 Sep 2016 15:05
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/10158

Actions (login required)

View Item View Item