ANDES, 125060002 (2016) PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN SEKELIMUS. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
COVER SKRIPSI.docx Download (39kB) |
|
Text
ABSTRAK.docx Download (19kB) |
|
Text
ABSTRAK BAHASA SUNDA.docx Download (18kB) |
|
Text
ABSTRAK INGGRIS.docx Download (18kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (55kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (114kB) |
|
Text
BAB III.docx Restricted to Repository staff only Download (140kB) |
|
Text
BAB IV.docx Restricted to Repository staff only Download (259kB) |
|
Text
BAB V.docx Restricted to Repository staff only Download (23kB) |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sekelimus Kecamatan Bandung Kidul Kota Bandung dengan subjek penelitian siswa kelas IV dengan jumlah 25 orang. Penelitian ini didasari oleh kondisi pembelajaran IPS yang kurang efektif dan bermakna. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan sebelumnya bahwa proses pembelajaran IPS yang terjadi di kelas tidak banyak melibatkan siswa dalam pembelajaran sehingga siswa kurang termotivasi dalam mengikuti pembelajaran, serta guru masih yang masih menggunakan model pembelajaran yang konvensional sehingga hasil belajar tidak sesuai dengan yang diharapkan. Faktor lain yang runtut menyumbang kondisi ini adalah kemampuan profesional guru yang masih kurang, sehingga hasil belajar IPS materi masalah-masalah sosial masih rendah. Desain penelitian ini menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus dengan ketentuan satu siklus ada 2 kali pertemuan. Setiap siklusnya meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya peningkatan yang berarti proses pelaksanaan pembelajaran CTL, maupun hasil belajar siswa. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah penggunaan model CTL di kelas IV pada pelajaran IPS di SDN Sekelimus terbukti efektif dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dan dapat menanamkan sikap kerjasama dalam proses pembelajaran. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus I rata-rata 70,2 dengan presentase yang mencapai KKM 44%, dan pada siklus II nilai rata-rata 87,4 dengan presentase yang mencapai KKM 92%. Serta hasil respon siswa terhadap proses tindakan pembelajaran CTL “Hampir Seluruhnya” setuju merespon terhadap indikator pembelajaran CTL. Hal tersebut membuktikan bahwa penerapan model Contextual Teaching Learning dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Contextual Teaching Learning Motivasi, Hasil Belajar, Materi Masalah-masalah Sosial dan Pembelajaran IPS
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 17:28 |
Last Modified: | 02 Sep 2016 17:28 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/10135 |
Actions (login required)
View Item |