PENERAPAN PENDEKATAN PROBLEM POSING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIK SISWA SMA

EVI SARBOWO, 1 25050002 (2016) PENERAPAN PENDEKATAN PROBLEM POSING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIK SISWA SMA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER SIDANG.pdf

Download (57kB) | Preview
[img] Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (86kB)
[img] Text
ABSTRACT.pdf

Download (6kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (92kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (162kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (287kB)

Abstract

(2016). Penerapan Pendekatan Problem Posing terhadap P eningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematik Siswa SMA. Matematika merupakan salah satu mata pelajaran pokok yang diajarkan disetiap jenjang pendidikan. D alam tujuan pembelajaran matematika yang tercantum pada KTSP yang menjadi fokus adalah pemahaman konsep matematik . Akan tetapi pada kenyataannya masih banyak siswa yang lemah dalam matematika karena kurangnya memiliki kemampuan pemahaman untuk mengenali konsep - konsep dasar matematika yang berkaitan dengan pokok bahasan yang sedang dibahas. Salah satu alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematik siswa adalah pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Problem Posing . Dengan pembela jaran ini dapat membuat siswa lebih aktif dalam pembelajaran di kelas dimana setiap group harus dapat membuat soal dari situasi yang ada atau perumusan ulang soal yang ada dengan beberapa perubahan agar lebih sederhana dan dapat dipahami dalam rangka memec ahkan soal yang rumit . Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematik siswa yang menggunakan pembelajaran dengan pendekatan Problem Posing lebih baik dari pembelajaran biasa ; (2) untuk mengetahui sikap siswa terhadap pembelajaran dengan mnggunakan pendekatan Problem Posing . P enelitian ini adalah penelitian eksperimen. Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMA PASUNDAN 7 Bandung dan sampel penelitiannya adalah dua kelas yang dipili h secara acak kelas yaitu siswa kelas X - 1 dan X - 2 SMA PASUNDAN 7 Bandung . Instrumen dalam penelitian ini berupa tes kemampuan pemahaman konsep matematik siswa dan skala sikap. Berdasarkan analisis data hasil penelitian, diperoleh kesimpulan: 1) peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematik siswa yang menggunakan pembelajaran dengan pendekatan Problem Posing lebih baik daripada siswa yang menggunakan pembelajaran biasa ; 2) siswa bersikap positif terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekat an Problem Posing . Kata kunci : Pemahaman Konsep Matematik , Pembelajaran dengan Pendekatan Problem Posing.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2016
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 02 Sep 2016 14:59
Last Modified: 02 Sep 2016 14:59
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/10066

Actions (login required)

View Item View Item