KINERJA PERUSAHAAN UMUM BADAN URUSAN LOGISTIK (PERUM BULOG) DIVISI REGIONAL JAWA BARAT SEBAGAI TATA KELOLA PERUSAHAAN YANG BAIK (GOOD CORPORATE GOVERNANCE) (Studi Kasus Pengadaan Beras Pada Sub Divisi Regional Bandung)

FEBY RIZKIA AGUSTINA, 122010080 (2016) KINERJA PERUSAHAAN UMUM BADAN URUSAN LOGISTIK (PERUM BULOG) DIVISI REGIONAL JAWA BARAT SEBAGAI TATA KELOLA PERUSAHAAN YANG BAIK (GOOD CORPORATE GOVERNANCE) (Studi Kasus Pengadaan Beras Pada Sub Divisi Regional Bandung). Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img] Text
1. COVER SKRIPSI.pdf

Download (24kB)
[img] Text
6. ABSTRAK SKRIPSI.pdf

Download (96kB)
[img]
Preview
Text
12. BAB I SKRIPSI.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. BAB II SKRIPSI.pdf

Download (270kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berjudul Kinerja Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum Bulog) Divisi Regional Jawa Barat sebagai Tata Kelola Perusahaan yang Baik (Good Corporate Governance) (Studi kasus Pengadaan Beras pada Sub Divisi Regional Bandung). Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana Kinerja Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum Bulog) Divisi Regional Jawa Barat sebagai Tata Kelola Perusahaan yang Baik (Good Corporate Governance) studi kasus mengenai pengadaan beras pada Sub Divisi Regional Bandung. Disamping itu, penelitian ini juga bertujuan untuk memenuhi salah satu syarat dalam menempuh ujian sidang sarjana program Strata Satu (S1) pada Jurusan Ilmu Administrasi Negara. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang dimana instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri, dengan teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik wawancara, observasi (pengamatan), dan studi dokumentasi. Data primer dan data sekunder yang diperoleh dalam penelitian ini diolah melalui prosedur kualitatif yang meliputi reduksi data, penyajian data dan verifikasi data atau penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini ialah bahwa kinerja Perum Bulog Divisi Regional Jawa Barat dan Perum Bulog Sub Divisi Regional di dalam melakukan pengadaan beras sudah cukup baik, hanya saja masih kurang maksimal di dalam pelaksanaanya. Hal ini karena tidak tercapainya target pengadaan beras pada tahun 2015 lalu, sehingga persediaan beras pada tahun 2016 ini juga terbatas. Apabila persediaan stok beras yang ada di Gudang Perum Bulog terbatas, akan menimbulkan keraguan pada kemampuan yang dimiliki oleh Perum Bulog di dalam menjaga kestabilan harga beras di pasaran. Selain itu juga dapat membuka celah bagi beras impor untuk masuk ke pasar nasional, hal ini akan membuat harga beras ditingkat petani menjadi turun, dan secara tidak langsung juga dapat menyudutkan posisi petani-petani nasional. Kemampuan yang dimiliki oleh Perum Bulog ini sangat berkaitan dengan kinerja, oleh sebab itu prinsip-prinsip dari Tata Kelola Perusahaan yang baik ini dapat dijadikan strategi di dalam meningkatkan kinerja Perum Bulog Divisi Regional Jawa Barat dan Perum Bulog Sub Divisi Regional. Kata kunci : Kinerja, Pengadaan Beras, Tata Kelola Perusahaan yang baik (Good Corporate Governance)

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara 2016
Depositing User: Irawan Whibiksana
Date Deposited: 02 Sep 2016 18:02
Last Modified: 02 Sep 2016 18:02
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/10049

Actions (login required)

View Item View Item